Wabup Mabar Lepas Calon Jemaah Haji Menuju Tanah Suci

Labuan Bajo, Kominfo

Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, M.Kes melepas keberangakatan calon Jemaah Haji Manggarai Barat menuju tanah suci, Mekah. Total calon jamaah yang diberangkatkan dari Kabupaten Manggarai Barat itu sebanyak 95 orang.

Acara pelepasan Jamaah Haji oleh Wabup Yulianus itu berlangsung di Aula Setda Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo, Minggu (11/06).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Manggarai Barat, Hilarius Madin, SH selaku ketua panitia pelaksana panitia Haji tahun 2023 melaporkan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi, jumlah kuota untuk provinsi NTT sebanyak 668. Dari jumlah sebanyak itu, 87 orang merupakan kuota untuk Manggarai Barat.

Pada 5 Mei 2023, lanjut Hilarius, berdasarkan Kepdirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 181 Tahun 2023 dilakukan perpanjangan masa pelunasan Bipih (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) 2023 dan penambahan jemaah Haji cadangan dari semula 63 orang menjadi 200 orang dari jumlah penambahan tersebut, Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan penambahan 13 orang kuota jemaah haji sehingga total untuk Manggarai Barat sebanyak 99 orang masuk dalam kloter 61 Surabaya.

"Dalam perjalanan, 1 orang mengundurkan diri karena sakit, 1 orang meninggal dunia dan 2 orang mutasi ke embarkasi Lombok karena sakit. Sehingga total Jemaah Haji Manggarai Barat yang siap diberangkatkan ke Surabaya itu sebanyak 95 orang," tutur Hilarius.

Hilarius juga melaporkan, 95 orang jemaah calon haji Manggarai Barat berasal dari Kecamatan Komodo sebanyak 79 orang, Kecamatan Boleng 6 orang, Kecamatan Lembor 4 orang, Kecamatan Lembor Selatan 4 orang dan Kecamatan Mbeliling 2 orang. Berdasarkan jenis kelamin  calon jemaah haji pria 46 orang dan wanita 49 orang. Dari jumlah tersebut ada 25 pasang suami istri.

Sementara itu, Wabub Yulianus dalam sambutan pelepasan calon jemaah haji menyampaikan rasa syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SAW karena hari ini 95 orang calon jemaah haji dari Manggarai Barat siap untuk menunaikan ibadah haji untuk melaksanakan Rukun Islam yang ke-5.

"Ini merupakan panggilan Allah SAW, karena bapak ibu bisa melaksanakan Rukun Islam yang ke-5 yang merupakan kerinduan semua umat muslim,” ujar Wabup Yulianus.

Wabup Yulianus menambahkan bahwa untuk Kabupaten Manggarai Barat ada 1.765 orang yang sudah masuk dalam daftar tunggu yang estimasi keberangkatannya selama 20 tahun yang sudah melakukan pendaftaran tahun 2023 ini.

Lebih lanjut Wabub Weng menyampaikan  untuk menjaga kesehatan dengan baik dan disiplin terhadap waktu untuk mengikuti rangkaian prosesi yang akan dilakukan di Tanah Suci. Dukungan pemerintah dan doa agar bapak ibu calon jemaah haji berangkat ke Tanah Suci dan pulang ke Manggarai Barat dalam keadaan baik dan sehat.

Pemerintah Manggarai Barat juga menyerahkan bantuan kepada IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji) Manggarai Barat sebesar Rp. 30.000.000,- dan kepada Ketua Kontingen Jemaah Haji sebesar Rp. 30.000.000,-

95 orang jemaah calon haji Manggarai Barat berangkat dari Labuan Bajo hari Senin (12/06/2023) menuju Surabaya dan berangkat ke Tanah Suci tanggal 15 Juni 2023 menggunakan pesawat Saudia Airlines nomor penerbangan SV5047.

Turut hadir dalam acara pelepasan keberangkatan jemaah haji Manggarai Barat ini unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Sekda Manggarai Barat, Tokoh Agama dan sejumlah pimpinan OPD dan keluarga dari calon jemaah haji.

Bahkan terlihat umat dari penganut agama lain. Mereka sama memanjatkan doa agar perjalanan dari para calon jamaah haji ini bisa aman dan selamat. (Yanti/Rafika-Tim IKP Kominfo Mabar)

Share:

Berita Terbaru :