BPJS Kesehatan Manggarai Barat Undang Waratawan Lokal Ikut Jumpa Pers Dengan Kacab Ende

Kepala Kantor BPJS Manggarai Barat, Febronia Animan di ruang kerjanya. (Foto : Ferdy Jemaun)

Labuan Bajo, InfoMabar

Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, mengundang sejumlah wartawan media lokal, untuk mengikuti jumpa pers dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende. Jumpa Pers yang dilangsungkan secara On Line itu dimaksudkan untuk memberi informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan selama masa libur lebaran.

 

Febronia Animan, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Manggarai Barat menjelaskan bahwa kegiatan jumpa pers dengan pimpinan Cabang Ende itu bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk memberi informasi kepada seluruh masyarakat, bahwa saat libur lebaran nanti, BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan.

“Saat masa liburan, kami tetap memberikan pelayanan. Kemanapun peserta BPJS Kesehatan mudik, kami akan siap melayani,” jelas Febronia, di ruang kerjanya, Rabu (20/03/2024).

Selanjutnya, Febronia mengajak para wartawan untuk mengikuti jumpa pers yang dilangsungkan secara On Line. Selain wartawan lokal di Manggarai Barat, BPJS Kesehatan cabang Ende, juga mengajak sejumlah wartawan lokal dari 6 Kabupaten yang berada di wilayah kerjanya, untuk turut serta dalam jumpa pers itu, yakni Ende, Ngada, Nagekeo, Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat.

Mengawali jumpa pers itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende, Nara Grace Br Ginting menegaskan bahwa selama masa libur lebaran, sejak tanggal 8 hingga 15 April 2024, BPJS Kesehatan tetap berkomitmen untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan.

“Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri dan mempersiapkan agar pelayanan bagi peserta tetap terjaga dengan baik selama masa libur, maka melalui konferensi pers ini, kami merasa perlu untuk menyampaikan komitmen kami,” jelas Nara Grace.

Nara Grace menegaskan bahwa pihaknya merasa perlu untuk menerapkan prinsip portabilitas yang harus diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia, termasuk pada saat liburan.

Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, karena alasan mudik, kata Nara Grace, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain, paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," terang Grace.

Untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal sebagai peserta mandiri, diimbau untuk rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya per tanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif. BPJS Kesehatan juga telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam melakukan pembayaran iuran.

Grace menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

"Dengan adanya janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan JKN. Seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas. BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi," jelas Grace.

Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk pencarian informasi fasilitas terdekat bagi yang melakukan perjalanan mudik. Grace juga menambahkan bahwa peserta JKN juga dapat mengakses melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

"Kini terdapat fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, mempermudah dokter di fasilitas kesehatan mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, guna memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses juga melalui Aplikasi Mobile JKN," ucap Grace.

Grace mengimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

"Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala," kata Grace. (EfjE-Tim IKP)

Share:

Berita Terbaru :