Wabup Mabar: Labuan Bajo Kini Menjadi Pasar Kerja Lokal, Nasional Hingga Internasional

Manggarai Barat, Infomabar – Wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar) dr. Yulianus Weng, M.Kes mengatakan bahwa saat ini ditengah perkembangan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat yang menggeliat, Labuan Bajo menjadi pasar kerja bagi pencari kerja local, nasional bahkan internasional.

Menurut Wabup Yulianus, hal ini terjadi karena tingginya investasi pada sector pariwisata di Labuan Bajo berupa Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA).

“Pertumbuhan investasi yang semakin meningkat, Labuan Bajo tidak hanya menjadi pusat pasar kerja lokal, tetapi menjadi pasar kerja nasional bahkan manca negara, tentu saja ini menjadi kebanggaan kami sebagai pemerintah dan juga masyarakat Manggarai Barat", tutur Wabup saat membuka kegiatan Job Fair dan Naker Fest di Water front City Labuan Bajo, Selasa (5/3/2024).

Disampaikan Wabup Yulianus, dampak pertumbuhan pada sector pariwisata yang begitu pesat, belum signifikan dirasakan oleh masyarakat hingga pedesaan.  Masalah kemiskinan, akses kerja masyarakat lokal ke sektor industry formal belum memadai, kesenjanagan Sumberdaya Manusia lokal yang sesuai kebutuhan industry masih menjadi perjuangan Pemerintah Daerah.

“Potensi lapangan kerja disektor hulu  Pertanian, Peternakan dan Perikanan yang seharusnya mampu menyerap tenaga kerja yang paling banyak, belum di design dengan baik. Kedepan Pemda Mabar berkomitmen memperkuat kapasitas  SDM yang berkualitas dan berkarakter”, tuturnya.  

Wabup Yulianus menyampaikan apresiasi serta berterima kepada kemenaker RI atas terselenggaranya kegiatan ini di Labuan Bajo kabupaten Manggarai Barat.

"Pada kesempatan yang berharga ini kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenaker RI atas terselenggaranya kegiatan ini di Labuan Bajo, kiranya memberi motivasi serta spirit bagi bagi anak anak mudah lokal dan industry yang ada di Labuan Bajo semakin mudah di akses. selain itu pemerintah Daerah kabupaten Manggarai Barat juga membutuhkan dukungan  penguatan pasar kerja di sektor pertanian Dan perikanan yang menjadi penopang utama pengembangan destinasi Pariwisata super prioritas, karena membangung Labuan bajo, membangun  Indonesia", harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Manggarai Barat Theresia P. Asmon  menyampaikan, pada Job Fair kali ini anntusias para Pencari kerja sangat tinggi, tidak hanya diikuti pencari kerja dari Kabupaten Manggarai Barat saja, tetapi juga pencari kerja dari daerah sekitar.

"Data pencari kerja yang hadir di Job Fair hari  ini, terakhir kami catat sebanyak 800-an orang  pencari kerja, serta terdapat 21 industri dan 121 lowongan pekerjaan yang disediakan, Kegiatan masih tersisa 2 hari kedepan, kita berharap banyak anak muda khususnya di Kabupaten Manggarai Barat yang terserap oleh Industri”, ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan Job Fair dan Naker Fest ini diselenggarakan atas kerja sama Kementrian Ketanagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI), Pemerintah Manggarai Barat melalui Dinas Tenaga Kerja transmigrasi Kopeasi dan UKM dan Dua Puluh Satu Industri di Labuan Bajo.

Rencananya kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 5-7 Maret 2024.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut adalah kepala Pusat Pasar Kerja Kementrian Tenaga Kerja RI Muchamad Yusuf, Kepala Biro Perencanaan Kementrian Tenaga Kerja RI, Direktur Politeknik Ketanagakerjaan, Kepala Pemasaran BPOLBF,  Staf Ahli Bupati, para kepala OPD lingkup pemerintah Daerah kabupaten Manggarai Barat, para staf khusus Bupati Manggarai Barat dan para pimpinan industri. (Infomabar/Gonsales/Tian-Tim IKP Kominfo)

Share:

Berita Terbaru :