Wabup Mabar Akui Dampak Positif Pendampingan Program USAID ERAT

Labuan Bajo, InfoMabar.

Wakil Bupati Manggarai Barat, dr. Yulianus Weng, menuturkan pengakuanya atas manfaat positif dari pendampingan USAID ERAT dalam berbagai programnya di Manggarai Barat.

Pengakuan itu disampaikan Wabup Yulianus saat menyampaikan sambutan pembukaan kegiatan 'Peningkatan Kualitas Review Kinerja Tahunan Percepatan Penurunan Stunting dan Penguatan Kapasitas TPPS Kabupaten Manggarai Barat', yang berlangsung di Aula Setda Kantor Bupati Manggarai Barat, Jum'at (26/01/2024).

"Saya dan kita semua tentu harus mengakui bahwa pendampingan USAID ERAT dalam berbagai programnya selama ini, sungguh berdampak positif utk Mabar," aku Wabup Yulianus.

Oleh karena itu, mewakili seluruh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Wabup Yulianus  menyampaikan terima kasih kepada USAID ERAT. 

Wabup Yulianus mengakui bahwa dalam banyak hal, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat masih sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, utamanya lembaga-lembaga NGO.

Oleh karena itu, Wabup Yulianus berharap agar pendampingan yang telah dilakukan USAID ERAT, tidak berhenti, tapi terus dilanjutkan.

Kepada pimpinan OPD yang mengampu berbagai program dan kegiatan yang didampingi USAID ERAT, Wabup Yulianus berpesan, untuk tidak masa bodoh dengan kehadiran USAID ERAT.

"Saya perlu ingatkan, kepala kepala OPD yang mengampu berbagai program dan kegiatan yang didampingi USAID ERAT,  tidak boleh masa bodoh! Untuk kepala OPD yang masa bodoh, saya akan catat khusus," tegas Wabup Yulianus mengingatkan.

Hadir pada kegiatan ini adalah Asisten Setda Kab. Manggarai Barat, Hilarius Madin, serta sejumlah pimpinan OPD yang tergabung Tim Percepatan Penurunan Stunting Manggarai Barat.

Turut hadir juga dari pihak USAID ERAT, adalah George Hormat selaku Provinsial Governance Advisor USAID ERAT Prop. NTT dan Maria Simforiana selaku Distrik Fasilitator USAID ERAT Manggarai Barat.

USAID ERAT merupakan program kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Amerika. Tujuannya adalah agar warga masyarakat dapat menerima manfaat dari keberadaan pemerintah daerah yang efektif, melalui peningkatan kualitas pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik di daerah.

Tujuan tersebut dapat dicapai melalui tiga hasil, yaitu : keselarasan kebijakan nasional dan daerah yang lebih baik, peningkatakan kinerja pelayanan publik dan alokasi penggunaan anggaran yang lebih baik.

Di NTT, USAID ERAT mendampingi lima kabupaten, yaitu Manggarai Barat, Sabu Rai Jua, Belu, Timur Tengah Utara, dan Sumba Timur. (EfjE-Tim IKP Kominfo)

Share:

Berita Terbaru :