PLN Icon Plus Siap Fasilitasi Jaringan Internet Berbasis Fiber di Desa, Pemkab Mabar Beri Apresiasi

Labuan Bajo, Kominfo

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat memberi apresiasi kepada PLN Icon Plus atas rencananya untuk memfasilitasi layanan internet di desa-desa di Kabupaten Manggarai Barat dengan basis jaringan Fiber Optik atau disebut Iconnet. Semoga rencana ini dapat berjalan dengan baik, sehingga smart city untuk Manggarai Barat dapat benar-benar terealisasi.

Apresiasi ini disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Manggarai Barat, Laurensius Y.A. Nabu, pada kegiatan pertemuan Audiensi Solulsi Smart City Untuk Kabupaten Manggarai Barat, yang berlangsung di ruang meeting PT. PLN Unit Pelayanan Pelanggan dan Pemasaran (UP3) Labuan Bajo.

“Terima kasih untuk pelayanan PLN yang selama ini sudah berjalan sangat baik di daerah ini. Jika selama ini hanya pelayanan listrik, sekarang dengan pelayanan internet berbasis jaringan fiber optik. Berharap bisa terwujdu dengan segera,” jelas Asisten Laurensius dihadapan GM. PLN Icon Pus, Iwan Sofyan Sory dan Manager Pemasaran PT. PLN Icon Plus, Agustino Kuncoro.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, lanjut Aisten Laurensius, mendukung penuh rencana dari PLN Icon Plus untuk memfasilitasi pengadaan jaringan internet di wilayah Kabupaten Manggarai Barat dengan menggunakan jaringan Fiber.

Apa lagi saat ini banyak desa dan terutama Puskesmas yang menggunakan pelayanan on line tapi masih terkendala karena jaringan internet yang belum memadai.

Manager Pemasaran PT PLN Icon Plus, Agustino Kuncoro, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Icon Plus, merupakan sebuah perusahaan yang berada di bawah PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN). Icon Plus, singkatan dari Indonesia Comnet Plus yang fokus pada penyediaan jaringan, jasa, dan content telekomunikasi, khusus untuk mendukung teknologi dan system informasi PT PLN (Persero) dan publik.

“Ada 11 anak perusahaan di bawah PLN. Dari 11 itu, 4 diantaranya sudah naik kelas, termasuk Icon Plus,” jelas Agustino yang diamini oleh Iwan Sofyan Sory.

Layanan internet berbasis jaringan fiber optik yang akan dipasang, lanjut Agustinus Kuncoro, nanti akan memanfatkan infrastruktur PLN yang selama ini sudah dibangun, seperti tiang listrik yang sudah terpancang.

Di Indonesia, lanjut Agustinus, sudah ada beberapa daerah yang sudah memanfaatkan jasa pelayanan internet berbasis jaringan fiber optic dan berjalan dengan sangat baik. Ia berharap agar layanan ini juga dapat berjalan dengan baik di Manggarai Barat.

Karena sistem jaringan internet ini masih tergolong baru untuk desa-desa di Manggarai Barat, maka pada tahap awal ini akan ditentukan 4 kecamatan sebagai pilot project. 4 kecamatan itu adalah Komodo, Boleng, Mbeliling dan Sano Nggoang.

Hadir pada kegiatan Audiensi yang dibuka oleh Asisten Laurensus ini diantaranya adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu yang didampingi 2 kepala bidang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Milikior Nudin, serta sejumlah pejabat fungsional dari Dinas Kominfo.

Sebagaimana kesepakatan pihak PLN Icon Plus dan Asisten Laurensius serta peserta kegiatan, Audiensi yang dilaksanakan ini harus ditindaklanjuti dengan diskusi yang lebih terarah, dengan melibatkan pihak-pihak terkait, seperti para Kepala Desa. (EfjE-Tim IKP Kominfo)

Share:

Berita Terbaru :