Penuhi Kebutuhan Internet, Dinas Kominfo Pertimbangkan Provider Lain Masuk Manggarai Barat

Labuan Bajo, Kominfo

Untuk meningkatkan jasa pelayanan internet bagi masyarakat dan untuk kepentingan pemerintah, Dinas Komunikasi dan Informatika Manggarai Barat, mempertimbangkan tawaran dari sejumlah provider masuk di Manggarai Barat. Selama ini Pemkab. Manggarai Barat melalui Dinas Kominfo hanya bekerja sama dengan Telkom.

Demikian penegasan yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu, saat beraudiensi dengan perwakilan dari PT. Mora Telekomunikasi (Moratel), yang berlangsung di ruang kerja bidang LTKAI Dinas Komunikasi dan Informatika Manggarai Barat, di Labuan Bajo, Rabu (22/11/23)

“Kami tentu akan mempertimbangkan Moratel untuk berpartisipasi dalam upaya perluasan pelayanan jaringan internet di daerah ini,” jelas Kadis Paulus.

Tidak hanya kepada Moratel, lanjut Kadis Paulus, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Kominfo, juga akan mempertimbangkan provider lain untuk turut berpartisipasi dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan layanan internet bagi masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat.

“Semua provider yang masuk, tentu akan kita pertimbangan. Hasil pertimbangan selanjutnya akan disampaikan kepada atasan, untuk selanjutnya mohon arahan,” jelas Kadis Paulus.

Senada dengan Kadis Paulus, Kepala Bidang Layanan Tata Kelola Aplikasi dan Informatika pada Dinas Kominfo, Tarsisius Cai, menjelaskan bahwa jika selama ini pemerintah daerah Kabupaten Manggara Barat hanya bekerja sama dengan Telkom, maka kehadiran provider lain juga tentu akan menambah semarak jasa layanan internet.

Kabid Tarsi bahkan membandingkan jasa pelayanan internet yang ada di Manggarai Barat dengan yang ada di kota Surabaya.

“Di kota Surabaya, semua provider digandeng oleh pemerintah daerah, sehingga smartcitynya berjalan dengan lancar,” jelas Kabid Tarsi.

Kabid Tarsi mengharapkan agar ke depan, Manggarai Barat juga bisa memiliki jaringan yang lancar yang didukung oleh layanan provider dengan jumlah yang lebih dari satu.

Pihak PT. Moratel mendatangi Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat hendak menawarkan kerja sama untuk pengembangan dan atau perluasan jaringan internet di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Jemmy Nelson Heka selaku supervisor Labuan Bajo dari Moratel menjelaskan bahwa Moratel selain menyiapkan jaringan internet juga menyiapkan data center.

“Kami memiliki keunggulan (dedicated Internet Acces) DIA MIX diantaranya menerima pengaduan 24 jam, SLA 99,5 persen, MRTG (Multi Router Traffic Grapher) yang dikirim setiap bulan, pemberian restitusi juga layanan Domestik dan Internasional,” jelas Jemmy. (Yanti-Tim IKP Kominfo)

Share:

Berita Terbaru :