KTT ASEAN Selesai, Kementerian BUMN Gelar Festival Budaya Rumah BUMN

Labuan Bajo : Kominfomabar- Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng memberikan apresiasi dan dukungan setinggi–tingginya kepada Kementerian BUMN yang  menyelenggarakan kegiatan festival Budaya " Rumah BUMN" untuk mendorong kemajuan UMKM di Kabupaten Manggarai Barat NTT.

Pasca event utama KTT ASEAN  pada 9 hingga 11 Mei sukses di gelar di labuan Bajo, kini giliran Kementerian BUMN terus menyemarakkan suasana Labuan Bajo kota kecil yang mendunia selama sepekan dengan menggelar festival budaya rumah BUMN selama dua hari sejak jumat 12 hingga Sabtu 13 Mei  di Water Front City pelabuhan Marina.

Sejumlah pelaku UMKM dari Kabupaten Manggarai Barat  dengan berbagai jenis produknya ikut berpartisipasi meraih cuan.

Usaha tenun lokal dari Manggarai Barat dan Manggarai Raya umumnya semakin diminati wisatawan . Tadi kendati belum di buka secara resmi sudah ada  6 jakcet motif Songke  yang sudah laku . " Tadi saya lihat di stand pewarna alami sudah laku 6 jacket motif songke,tadi pengunjung beli semua itu," kata Wakil Bupati di sela kegiatan yang berlangsung di Water Front City,Jumat (12/2023).

Selain kain tenun motif daerah NTT,pengunjung juga tertarik dengan kopi khas Manggarai .

kopi di Kabupaten Manggarai Raya umumnya semakin menggeliat, dibuktikan dengan semakin banyaknya pelaku usaha yang fokus menekuni jual beli kopi.

Sementara usaha kuliner di kampung ujung selama kegiatan KTT omzetnya melonjak secara signifikant mampu menghidupkan pertumbuhan ekonomi Manggarai Barat . Kita berharap kedepanya tetap ada event strategis yang dapat merangsang para pelaku UMKM lokal untuk memiliki ruang berekspresi dan  terus bersaing.Kiranya  wisatawan dan siapa pun dia tetap cinta produk lokal kita seperti kain songke,kopi dan kuliner lokal,ujar Wabup Yulianus Weng.

Wakil Bupati Yulianus Weng menyampaikan terimakasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang menaruh perhatian begitu tinggi untuk kemajuan kota kecil Labuan Bajo yang mendunia.Ia juga menyampaikan terimakasih kepada kemenenterian BUMN yang menyelenggarakan festival ini.

" Pemkab Mabar menyampaikan terimakasih kepada kementerian BUMN ,dimana selama ini telah melibatkan UMKM lokal,selama ini mereka yang melatihUMKM lokal  sehingga mereka bisa menghasilkan produk yang berkelas," ujar Wabup Yulianus Weng.

 Selama pameran budaya ,pelaku UMKM Lokal diberikan ruang untuk berexpresi dan bersaing dengan produk berkelas. Mereka memaerkan produknya pada lapak yang telah di siapkan panitia.Ada kuliner,ada panggung hiburan bahkan panitia juga menyiapkan doorprize. (Hans- Tim IKP Kominfo Mabar)**

Share:

Berita Terbaru :