Bupati Edi Minta AIHSP Basmi Penyakit Pada Pisang

Labuan Bajo, Kominfo.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE meminta AIHSP (Australia Indonesia Health Security Partnership), untuk membuat program pembasmian hama atau penyakit yang menyerang tumbuhan pisang. Program itu dianggap penting, sebab ribuan pisang di Manggarai Barat, belakangan ini tiba-tiba layu dan gugur dengan sendirinya.

Permintaan itu disampaikan Bupati Edi kepada pimpinan AIHSP, pada saat kegiatan audiensi atau tatap muka AIHSP dengan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang berlangsung di ruang rapat Bupati Manggarai Barat, Senin (15/05).

AIHSP merupakan program kemitraan Pemerintah Australia  dan Pemerintah Indonesia untuk menguatkan sistem ketahanan kesehatan yang menggunakan pendekatan integrasi antara kesehatan Manusia, kesehatan hewan dan kesehatan lingkungan satwa liar.

Kepada rombongan AIHSP, Bupati Edi meminta untuk turut memperhatikan penyakit yang menyerang tumbuhan pipsang, kemudian melakukan analisa tentang penyebab hingga menemukan obatnya sebagai pembasmi.

"Di empat bulan terakhir ada fenomena yang meresahkan para petani pisang. Pisang pada berguguran, layu dan mengering,” terang Bupati Edi.

Di Manggarai Barat, dan NTT pada umumnya, tumbuhan pisang memiliki nilai guna yang tinggi, mulai dari daun, buah hingga batangnya.

Batang pisang biasanya dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk binatang, khususnya Babi.

Sejak terserang hama atau penyakit, batang pisang tidak bisa lagi dimanfaatkan sebagai sumber makanan untuk Babi.

“Jika batang  pisang tersebut di berikan untuk makanan babi, maka risikonya babi itu pasti akan mati" ujar Bupati Edi.

Karena itu, Bupati Edi meminta agar program AIHSP, tidak hanya focus untuk membasmi penyakit pada manusia, hewan dan satwa liar. Namun juga bisa membasmi jenis penyakit yang menyerang tumbuhan, khususnya pisang.

Dirinya berharap agar program AIHSP dapat mencermati dan mendeteksi penyakit pada pisang ini.

Permintaan Bupati Edi ini tidak direspon secara langsung oleh AIHSP pada saat itu. Sebab setelah Bupati Edi bicara, kegiatan langsung bubar.

Hadir dari pihak AIHSP pada kesempatan audiensi itu antara lain : dr. Anung Sugihantono, M.Kes, Adviser Health Security AIHSP, Isradi Aliredja Deputy Director Implementation, dan Andrew Prasetya  Program Manager Human Health.

Sementara dari Pemkab Manggarai Barat, hadir mendampingi Bupati Edi adalah Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng serta sejumlah pimpinan OPD. (Frumens – Tim IKP Kominfo Mabar)

Share:

Berita Terbaru :