542 Peserta PATELKI dari 34 Provinsi Gelar Rakernas di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Kominfo

Sebanyak 542 peserta Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) dari 34 provinsi menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional ke-16 dan Temu Ilmiah ke-27 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kamis (8/6/2023).

Ketum DPP  Patelki, Atna Permana menjelaskan,sejak berdiri 37 tahun yang lalu,Patelki telah berkembang dalam berorganisasi dengan jumlah 34 Wilayah di tingkat Provinsi dan 420 cabang di tingkat Kota  dan Kabupaten di seluruh Indonesia yang berarti berkembang juga jumlah keanggotaannya.

Dalam rangka pengembangan sumber daya organisasi untuk mencapai visi misi PATELKI, ditetapkan adanya kegiatan-kegiatan yang berskala nasional yaitu Rapimnas setiap akhir tahun, Rakernas setiap bulan Mei dan Munas setiap empat tahun. Pada setiap kegiatan tersebut dilakukan evaluasi kegiatan organisasi lalu membuat tindak lanjutnya untuk perencanaan kegiatan berikutnya.

Dipilihnya Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan rakernas ke-16 menurut Atna Permana yakni sesuai hasil kesepakatan

RAKERNAS  XV  PATELKI  dan  TEMU  ILMIAH  NASIONAL  KE-25  yang telah dilaksanakan di Kota Medan Sumatera Utara pada tanggal 02 hingga 05 Juni 2022. "Maka diputuskan untuk RAKERNAS berikutnya yaitu RAKERNAS XVI PATELKI dan TEMU ILMIAH NASIONAL ke 27 dilaksanakan di Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur dimulai pada tanggal 07 Juni – 10 Juni 2023," terang Atna Permana.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan acara RAKERNAS dan Temu Ilmiah, pihaknya mengadakan acara Baksos dalam rangka PEKAN TLM (Tenaga Laboratorium Medik)  KE-37 untuk masyarakat sekitar bersamaan pula acara Jalan santai sambil pungut sampah yang diikuti oleh ATLM Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai Timur ,Manggarai dan wilayah sekitarnya.

Sebagai acara pendamping sidang Organisasi, akan diselenggarakan Temu Ilmiah yang terdiri dari Seminar Ilmiah dan Pameran yang terkait bidang Laboratorium. Rangkaian kegiatan Rakernas dan Temu Ilmiah ini dimaksudkan untuk meningkatan kualitas sumber daya manusia kesehatan khususnya yang berada dalam lingkup layanan laboratorium kesehatan.

Ada tiga faktor penunjang untuk suksesnya kegiatan RAKERNAS XVI PATELKI, yaitu : Program yang tersusun secara terpadu, efektif dan efisien.

Pelaksanaan kegiatan yang penuh tanggung jawab dengan komitmen kebersamaan. Dan tersedianya dana penunjang penyelenggaraan kegiatan

erkaitan dengan hal tersebut, PATELKI secara khusus memfasilitasi mitra kerja yang selama ini sudah selalu ikut berperan serta aktif dalam menunjang kegiatan-kegiatan PATELKI. Pada acara tersebut, mitra kerja, para produsen dan distributor alat laboratorium/reagensia dapat bertatap muka dan memperkenalkan produk secara langsung kepada para peserta melalui workshop/pelatihan, seminar ilmiah, lunch symposium dan pameran.

Ia juga menerangkan kegiatan tersebut bertujuan untuk melaksanakan Program Organisasi sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PATELKI tentang Rapat Kerja Nasional.

Mengevaluasi hasil kegiatan di semua tingkat dalam struktur organisasi setelah RAPIMNAS di Padang Sumatera Barat.

Memantapkan profesionalisme SDM Laboratorium untuk mewujudkan layanan laboratorium yang bermutu dan membangun semangat kemandirian ATLM.

Meningkatkan konsolidasi organisasi sampai ke tingkat Cabang sebagai basis organisasi dalam menunjang keberhasilan program pemerintah.

Kegiatan ini mengusung tema “Sinergitas Ahli Teknologi Laboratorium Medik dalam Transformasi Pelayanan Kesehatan berbasis laboratorium’.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, juga hadir sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini. (Hans-Tim IKP Kominfo)

Share:

Berita Terbaru :