Menu Close

Kalak BPBD Mabar Resmikan Posko Covid 19 Kecamatan Kuwus

Kelurahan Nantal : KIM- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat NTT, Dominikus Hawan (Domi Hawan) resmikan posko gerak cepat pencegahan dan penanganan corona virus disease 2019 (COVID 19) tingkat Kecamatan Kuwus.

Posko ini sebagai Posko pintu masuk dari arah timur Kabupaten Manggarai Bara, terutama ke Kecamatan Kuwus, Ndoso, Kuwus Barat, Masang Pacar, Pacar dan Boleng, kata Domi Hawan saat meresmikan posko tersebut di Golo Welu, Rabu (15/4/2020).

Ia menjelaskan, posko ini nantinya bertugas memberikan edukasi kepada pelaku perjalanan dan masyarakat di desa antara lain melakukan pendataan terhadap pelaku perjalanan yang masuk ke Kabupaten Manggarai Barat terutama yang datang dari daerah terpapar COVID 19 atau zona merah, dan melakukan pengawasan terhadap acara adat atau acara yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak.

Mensosialisasikan tahapan, gejala, cara penularan dan pencegahan COVID 19 sesuai protokol kesehatan, mensosialisasikan tata cara pencegahan penularan COVID 19, mulai dari pola hidup sehat dan bersih, serta penerapan physical distancing.

Melakukan pendataan kebutuhan APD dipuskesmas atau layanan kesehatan, dan selanjutnya diteruskan ke Kabupaten, jelas Dominikus Hawan.

Sekretaris gugus tugas posko Covid 19 Kecamatan Kuwus Gabriel Bagung menyampaikan terimakasih kepada BPBD Manggarai Barat yang telah meresmikan posko tersebut. “Kami berharap pihak BPBD melihat langsung kekurangan yang ada disini dan melengkapinya,” ujar Gabriel Bagung.

Ia menjelaskan, pelaku perjalanan dari zona merah yang masuk ke ke Kecamatan Kuwus hingga tanggal 15 April 2020 sebanyak 119 orang, dan yang selesai melakukan karantina mandiri sebanyak 22 orang.

Tim Gugus tugas COVID 19 Kecamatan Kuwus terdiri dari Forkompinca Kecamatan Kuwus, para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Kuwus, tokoh masyarakat, tokoh agama, para kepala sekolah se-Kecamatan Kuwus, jelas Gabriel Bagung.

(KIM Nantal – Save Haban/Hans)**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *