Sebanyak 14 Orang hari ini dilantik Sebagai Kepala Sekolah SMP, SD dan TKK

Labuan Bajo (22/01) - Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, Ph.D., melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan  sebanyak 14 orang untuk menduduki poisisi Kepala Sekolah SMP, SD dan TK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Rinciannya, 5 orang Kepala Sekolah SMP, 8 orang Kepala SD dan 1 orang Kepala Sekolah TKK. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan berlangsung di Aula Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Manggarai Barat, Senin (22/01).

Seperti disaksikan humas.manggaraibaratkab.go.id, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan terhadap para Kepala Sekolah ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Manggarai Barat No. BKPPD.870/283/XII/2017, oleh petugas dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Mabar. Dan selesai pembacaan SK, dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan oleh Wabup Maria Geong.

Saat sambutan, Wakil Bupati Maria Geong menjelaskan bahwa dalam birokrasi mutasi merupakan hal yang wajar dalam rangka penyegaran dan menjawab tuntutan organisasi, lebih khusus pada jajaran Pendidikan yang ditandai  dengan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan. Adanya mutasi ini adalah bagian dari upaya untuk memacu peningkatan kinerja di sektor pendidikan sebagai salah satu skala prioritas pembangunan yang harus dilakukan secara utuh, termasuk pengembangan SDM penyelenggara  pendidikan itu sendiri.

Dalam kaitan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Perempuan yang pertama di Provinsi NTT ini mengingatkan kepada para Kepala Sekolah yang dilantik, untuk selalu menyadari bahwa peran sekolah hanya dapat berarti apabila proses pembelajaran berjalan baik, ditopang dengan pimpinan yang memiliki komitmen tinggi. Selain itu adanya sistim pengawasan yang kuat dan berkesinambungan. “Ingat, Bapak dan Ibu yang hari ini dilantik sebagai Kepala Sekolah, harus disadari bahwa peran Sekolah sangat penting dan strategis,” tandasnya,

Lebih lanjut Ibu Mia (begitu ia disapa) mengatakan, untuk menciptakan anak bangsa yang berkualitas, syarat mutlaknya adalah satuan pendidik yang berkualitas pula. Maka, sekolah berkualitas yang memiliki sarana dan prasarana, pendidik, dan tenaga kependidikan yang sesuai standar mutu, sudah seharusnya diarahkan seorang pemimpin sekaligus manajer yang tangguh, yaitu Kepala Sekolah. "Dengan demikian Bapak dan Ibu harus sepakat untuk menjadikan proses pendidikan kita bermutu sehingga anak-anak kita mampu bersaing di level manapun. Bapak dan Ibu harus selalu menyadari peran penting apa yang telah di amanatkan kepada saudara-saudara." ungkapnya

Mengakiri sambutan, Wabup Maria Geong menekankan bahwa Kepala Sekolah memiliki fungsi ganda. Selain menjadi seorang pemimpin juga harus bisa menjadi motivator bagi para tenaga Pendidik lain dalam melaksanakan tugasnya. Tidak lupa dia mengutarakan harapannya agar mutu pendidikan di Kabupaten Manggarai Barat ke depannya bisa menjadi lebih baik.

“Selamat kepada para Kepala Sekolah yang telah dilantik. Saya harap agar mutu pendidikan kita ke depan bisa menjadi lebih baik. Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk tampil sebagai pemimpin sekaligus pelayan yang baik. Dan satu hal yang paling penting yaitu bekerjalah dengan penuh keikhlasan," katanya menutup sambutan.

Untuk diketahui, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan dilakukan Wakil Bupati, karena pada jam yang sama Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula memimpin rapat dalam rangka menerima Tim dari semua Kementerian/Lembaga/BUMN (sebanyak 44) yang dikoordinasikan oleh Menkomaritim. Tim dari semua kementerian/Lembaga/BUMN ini akan melakukan survey lapangan terkait persiapan Annual Meeting IMF-Bank Dunia bulan Oktober 2018 mendatang, tanggal 25 Januari mendatang. Rapat dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Kesehatan, Kadis  PUPR, Kadis PRKPP, Kadis Lingkungan hidup dan Kebersihan, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kadis Perhubungan, Kadis Peridagkop dan UKM, dan Kaban P4D. (Asty/Dewi/Humaspro)


Cetak   E-mail