Menu Close

Bupati Mabar Lantik Pengurus TP PKK dan Dekranasda Manggarai Barat.

KOMINFO MABAR; 08 April 2021 Labuan Bajo –  Pelantikan TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Manggarai Barat pada hari ini harus dilihat sebagai pemberian tugas untuk membangun pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga Manggarai Barat menuju keluarga yang mandiri, tangguh, sejahtera dan unggul, baik aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi keluarga, maupun kelestarian lingkungan.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Manggarai Barat (Mabar) Edistasius Endi saat melantik pengurus PKK dan Dekranasda Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (8/4) di aula kantor Bupati Manggarai Barat.
Trince Yuni dan Mari F. Melly dilantik sebagai Ketua dan wakil Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Manggarai Barat periode 2021-2025.
“Tentu disadari bahwa upaya pemberdayaan kesejahteraan keluarga telah dijalankan dengan baik oleh Tim Penggerak PKK periode 2016-2021. Atas nama pemerintah saya menyampaikan terima kasih untuk kerja keras dan keberhasilan yang telah dicapai selama ini,” imbuh Bupati.
Dikatakannya dalam upaya meningkatkan tugas dan perannya dalam pelbagai sektor tersebut, kita mendorong Tim PKK dan Dekranasda dapat membangun konektivitas yang selaras dan konstruktif dengan OPD-OPD terkait.
Dalam aspek pendidikan, Bupati berharap Tim PKK dan Dekranasda Kabupaten mendorong terwujudnya SDM yang unggul, berkarakter menjawabi tuntutan Labuan Bajo sebagai kota pariwIsata super premium.
“Untuk itu, pendidikan anak usia dini (PAUD) harus mendapatkan perhatian yang serius seperti fasilitas pembelajaran yang memadai dan SDM tenaga pengajar yang kompeten,” tegasnya.
Pada aspek kesehatan, lanjut Bupati kita mendorong Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Kabupaten untuk fokus pada peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak dan mendukung mengatasi masalah stunting pada seribu hari pertama kehidupan bayi.
Selain itu, gencarkan sosialisasi pola hidup bersih terutama di masa pandemi Covid-19. Demikian halnya dengan upaya Tim PKK dan Dekranasda Kabupaten dalam membangun kemandirian ekonomi keluarga.
“Tim PKK dan Dekranasda harus menjadi motivator sekaligus garda terdepan dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga.” Ucapnya.
Bupati menginginkan bahwa Dekranasda Kabupaten mendorong terwujudnya home industry dari hulu sampai ke hilir. Dekranasda membangun kelompok kerja kreatif berbasis budaya lokal seperti kelompok tenun ikat, kuliner berbasis pangan lokal, kerajinan tangan berupa oleh-oleh kas daerah seperti tas, dompet, syal, topi, dan souvenir lainnya dengan motif daerah.
Kemudian lanjut Bupati bumi Komodo tersebut Dekranasda Kabupaten hadir untuk memfasilitasi dari proses produksi sampai pada proses pemasarannya.
“Dalam mendukung pariwisata super premium, kehadiran industry rumah tangga dengan segala macam produk lokal yang unik dan kreatit menjadi sangat penting baik sebagai promosi budaya maupun sebagai pendongkrak perekonomian keluarga,” ungkap Bupati Mabar.
Sementara di bidang kelestarian lingkungan, Edi Endi menegaskan kehadiran Tim PKK Kabupaten harus mampu memotivasi setiap keluarga di Manggarai Barat untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih, ramah dan berkelanjutan.
“Kesadaran akan lingkungan bersih harus dibangun sebagai sarat mutlak untuk pola hidup sehat termasuk pemanfaatan lingkungan sekitar untuk menunjang gisi keluarga dan menambah pendapatan ekonomi keluarga,” imbuhnya. Sejalan dengan program Gubernur NTT dengan gerakan menanam kelor, bupati Mabar mengingatkan kepada Tim Penggerak PKK dan Dekransda Kabupaten agar mendorong setiap keluarga untuk memanfaatkan lingkungan sekitar dengan menanam kelor sebagai solusi alternative mengatasi stunting.
Pemerintah berharap supaya kinerja Tim PKK dan Dekranasda periode 2021-2025 dapat memberikan warna baru bagi kehidupan keluarga di Manggarai Barat. “Artinya, Dekranasda Kabupaten harus mendorong hadirnya UMKM-UMKM baru yang kompetitif, yang selaras dengan tuntutan Labuan Bajo sebagai destinasi Pariwisata Super Premium,” ungkap Bupati Mabar Edistasius Endi.
Diakhir sambutannya Buoati Mabar mengajak kita semua untuk menundukan kepala dan berdoa untuk korban bencana alam di Flores Timur, Sumba, Malaka, dan Kota Kupang.
“Kita berharap semoga keluarga yang tertimpa bencana diberikan kekuatan dan berharap supaya bantuan kemanusiaan baik dari pemerintah, pihak swasta maupun dari semua masyarakat senantiasa mengalir demi meringankan beban penderitaan yang dialami korban bencana,” ajaknya.
Turut hadir pada pelantikan tersebut wakil Bupati Mabar dr. Yulianus Weng, Kapolres Mabar AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K M.Si beserta Ketua Bhayangkari Mabar Sisca Fujita SH, Danramil Komodo Kapten Inf I Nyoman Sukada beserta Ketua. Persit 1612-02/Komodo Ni Made Surasmini, pimpinan OPD lingkup Pemkab Mabar.
(Mckabmanggaraibarat/Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *