Menu Close

Bupati Mabar Apresiasi Komitmen Camat Ndoso Guna Pencegahan Covid19

Labuan Bajo, Kominfomabar – Bupati Manggarai Barat memberikan apresiasi kepada Camat Ndoso, Kades Tehong dan Waning yang sangat pro aktif melakukan upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid19 di Manggarai Barat (Mabar) ini.

Hal tersebut disampaikan Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula (Bupati Gusti) pada media center Covid-19 Manggarai Barat, Selasa (14/4) di Kantor Bupati Manggarai Barat.

“apa yang telah dilakukan oleh Camat Ndoso, Kades Tehong dan Waning untuk juga diikuti oleh desa-desa lain di Seluruh Kabupaten Mabar khususnya membuat Posko untuk pemantauan para ODP yang di Karantina mandiri bekerjasama dengan puskesmas (Petugas Survelence) setempat,” katanya

Bupati Gusti juga memberikan apresiasi terhadap keputusan yang di ambil oleh Kepala Desa untuk merevisi APBDES guna penanggulangan penyebaran Covid 19 di Desanya.

Kepada petugas Posko, Bupati menghimbau bila ada ODP yang tidak mematuhi SOP atau Protap Karantina dilaporkan ke Posko Covid19 Kabupaten untuk diambil dan dikarantinakan di Kabupaten. Tegas Bupati dua periode tersebut.

Terpisah, Camat Ndoso Fransiskus Tote menyampaikan dari 15 Desa sekecamatan ndoso yang telah membentuk relawan gugus tugas covid 19 tingkat desa baru 3 (tiga) desa diantaranya Desa Tehong, Desa Waning dan Desa Momol

Sementara Desa yang telah mengalokasikan dana desa sesuai dengan surat edaran Menteri Desa Tertinggal dan Transmigrasi adalah Desa Tehong Rp.100.000.000 dan Desa Waning Rp.100.000.000.

Camat Ndoso menegaskan hasil rapat ditingkat desa bahwa semua ODP yang datang dari luar daerah dikarantina secara terpusat ditingkat desa untuk memudahkan pengawasan dan kontrol dari tenaga medis serta semua makan, minum difasilitasi oleh desa, termasuk alat APD.

Kemudian Gugus Tugas kecamatan Ndoso selalu melakukan edukasi dan sosialisasi keliling dengan menggunakan kendaraan dinas camat dan Puskesmas Keliling (Pusling) Puskesmas Desa.

“Desa yang sudah melakukan karantina terpusat di tingkat desa yaitu desa Tehong yang sudah berjalan sejak tanggal 12 April dan jumlah ODP yang sudah di karantina berjumlah 8 (delapan) orang,” pungkas Camat Ndoso Fransiskus Tote dan selaku penanggung jawab gugus tugas Covid19 tingkat kecamatan Ndoso.

(Syarif ab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *