Labuan Bajo – Flores tidak hanya terkenal dengan alamnya yang indah. Di dalamnya juga terdapat kopi arabika. Jenis kopi ini umumnya ditemukan di wilayah barat pulau Flores tepatnya di Manggarai. Kopi arabika adalah salah satu kekayaan sumber daya alam Flores yang mulai bersinar.

Kopi arabika sudah akrab bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Popularitas kopi arabika Manggarai Flores semakin menggema dengan akan diselenggarakan kegiatan launching Sertifikasi Indikasi Kopi Arabica Flores Manggarai (SIG-KAFM) hari di Ruteng, Kabupaten Manggarai. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 30 sampai dengan 31 Mei 2018.

Sesuai jadwal, acara launching SIG-KAFM dibagi dalam dua kegiatan yakni workshop yang dilaksanakan pada hari pertama (30/5) bertempat di aula Hotel Revaya, dan kegiatan launching SIG-KAFM dibuat pada hari kedua (31/5) diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Manggarai

Sejumlah nara sumber akan memberikan materi pada workshop hari pertama diantaranya dari Bupati Manggarai, Dirjen HAKI Kemenkumham RI, VECO Indonesia, Kementerian Pariwisata RI dan petani kopi.

Sementara pada hari kedua kegiatan launching SIG-KAFM dibarengi dengan Pembacaan dan Penandatanganan Deklarasi oleh 3 Bupati, MPIG, 3 perwakilan petani dan 2 pelaku usaha dan dilanjutkan dengan penyerahan kartu anggota MPIG secara simbolis.

Menurut schedule, kegiatan launching SIG-KAFM akan ditutup dengan Field Trip ke lokasi perkebunan kopi dan hortikultura di Desa Poco Likang Kecamatan Ruteng.

RABU, 30 MEI 2018
Lokasi : Hotel Revayah Ruteng
    Jln Ruteng - Benteng Jawa, Carep Kec Langke Rembong
Kegiatan : Pembukaan
    Snack
    Presentasi : Bupati Manggarai
    Presentasi : Dirjen HAKI Kemenkumham
    Presentasi : VECO Indonesia
    Presentasi : Kementerian Pariwisata RI
    Makan Malam
    Presentasi : Petani Kopi
    Diskusi
KAMIS, 31 MEI 2018
Lokasi : Halaman Kantor Bupati Manggarai
Kegiatan : Penerimaan Secara Adat
    Sekapur Sirih dari Bupati
    Sambutan Gubenur NTT
    Selingan..
    Sambutan Direktur VECO/Rikolto
    Pembacaan dan Penandatangan Deklarasi oleh 3 Bupati, MPIG, 3 perwakilan petani dan 2 pelaku usaha
    Penyerahan Kartu anggota MPIG secara Simbolis
    Selingan..
    Sambutan Dirjen HAKI sekaligus Pemukulan Gong tanda dibukanya kegiatan Launching
    Selingan..
    Makan Siang
    Field Trip

(Arnoldus Nggorong)