LABUAN BAJO – Tepat pukul 14.28 rombongan Forum Kehumasan Provinsi Bali tiba di Pelataran Kantor Bupati Manggarai Barat, Selasa, (04/09/2018). Saat turun dari Mobil rombongan dijemput Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, Mikhael L. Royman,SP.

Rombongan yang berjumlah 37 orang itu dipimpin oleh Ir. Agus Suryawan,M.Si, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bali. Kedatangan rombongan Kehumasan Provinsi Bali bertujuan untuk melakukan studi banding pariwisata di Labuan Bajo khususnya wisata bahari.

Sambil beristirahat sejenak, sebagian peserta rombongan memanfaatkannya untuk berselfie ria seraya mengajak peserta yang lain untuk foto bersama dengan latar belakang patung komodo yang terletak di sudut ruangan di Ball Room Kantor Bupati.

Selang beberapa menit kemudian rombongan pun dihantar menuju ruang rapat Bupati. Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong,Ph.D, saat menerima rombongan Forum Kehumasan Provinsi Bali menyampaikan rasa hormatnya atas kunjungan tersebut dan berharap peserta rombongan dapat menikmati spot-spot wisata menarik yang ada di Labuan Bajo.

Pariwisata Bali, menurut Maria Geong, sudah sangat maju dan lebih akrab bagi wisatawan mancanegara sementara pariwisata Manggarai Barat baru mulai dikenal setelah satwa langka Komodo masuk dalam tujuh keajaiban alam dunia baru, dan pada pertengahan tahun 2012 TNK secara resmi menjadi new seven wonders of nature.

“Pariwisata Provinsi Bali sudah berada di tangga ke-100, namun Kabupaten Manggarai Barat masih di tangga pertama,” ujar Maria Geong.

Jika pada kesempatan ini, ungkap Maria Geong, bapak dan ibu datang belajar ke Labuan Bajo, lain kali kami juga akan melakukan studi banding ke Bali. Kami akan lebih banyak belajar tentang pariwisata Bali yang sudah dikemas dengan sangat baik.

Kita patut bersyukur dan bangga, lanjut Maria Geong, komodo adalah milik Indonesia dan karena itu juga komodo menjadi milik kita bersama.

“Dengan demikian diharapkan juga agar setelah melihat dan menyaksikan sendiri bapak dan ibu dapat menjadi duta wisata Labuan Bajo,” kata Maria Geong.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Maria Geong juga memperkenalkan sejumlah destinasi wisata yang ada di Manggarai Barat baik yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) maupun yang ada di luar Kawasan TNK.

“Ada 35 titik yang ada di Taman Nasional Komodo, sedangkan 14 titik di luar TNK,” kata Maria Geong.

Sementara itu, Ketua Rombongan Kehumasan Provinsi Bali, Ir. Agus Suryawan,M.Si, dalam sambutan singkatnya menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Pemerintah Daerah Manggarai Barat.

Agus Suryawan mengatakan bahwa dengan sambutan yang hangat dan luar biasa ini, dia merasa berada di rumah sendiri. Ia juga mengungkapkan tujuan kedatangan rombongan ke Labuan Bajo yakni untuk belajar tentang pariwisata di daerah ini lebih khusus wisata bahari yang pembangunannya sangat menggeliat.

“Kedatangan kami adalah ingin mendapatkan masukan terkait pengembangan wisata bahari di labuan Bajo sehingga menjadi masukan bagi kami dalam usaha mengembangkan wisata bahari di Bali ke depannya,” jelas Agus Suryawan.

Di penghujung acara, Wakil Bupati Maria Geong menerima cindera mata dari Pemerintah Provinsi Bali, dan saat yang sama juga Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat menyerahkan cindera mata kepada Pemerintah Provinsi Bali. (Arnoldus Nggorong)