Bird Life Indonesia Association wilayah Flores Bahas Revitalisasi Peran Komite Mbeliling

Labuan Bajo (14/12) – Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia (Bird Life Indonesia Association) wilayah Flores hari ini, melakukan Pertemuan Koordinasi membahas Revitalisasi Peran Komite Mbeliling dalam memantau Perubahan Kondisi Bentang Alam Mbeliling (BAM). Pertemuan koordinasi ini dilaksanakan di La Prima Hotel, wilayah Pantai Pede Labuan Bajo. Pertemuan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula.

Pantauan manggaraibaratkab.go.id, pertemuan diawali laporan dari Ketua Koordinator Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia, Tiburtius Hani. Dalam laporan tersebut Tiburtius menjelaskan secara rinci tujuan diselenggarakannya pertemuan koordinasi tersebut. Dia menjelasnkan tujuan dilaksanakan Rapat Koordinasi ini dalam rangka berbagi informasi kepada para pihak tentang perubahan kondisi bentang alam Mbeliling sebagai dampak dari intervensi atau kegiatan pengelolaan.

Selain itu juga untuk mendiskusikan perkembangan kegiatan pengelolaan saat ini dan gagasan program maupun kebijakan yang diperlukan dalam pengelolaan bentang alam Mbeliling untuk masa yang akan datang serta konsolidasi kelembagaan Komite Mbeliling agar lebih efektif berperan dalam pengelolaan bentang alam Mbeliling."Ada tiga tujuan utama dilaksanakan pertemuan koordinasi hari ini," jelasnya.

Dari ketiga tujuan tersebut di atas jelas pria yang pernah menjadi Frater ini, ada harapan yang ingin dicapai yakni dimana para pihak mendapatkan informasi tentang perubahan bentang alam Mbeliling. “Saya berharap pertemuan ini membawa hasil yang positif terutama, dimana para pihak mendapatkan informasi tentang perubahan bentang alam Mbeliling. Dan yang lebih penting adalah terkonsolidasinya Komite Mbeliling secara kelembagaan terutama Struktur Kepengurusan Komite Mbeliling yang baru,” tandasnya.

Pertemuan Koordinasi ini dihadiri sejumlah elemen diantaranya Forum Peduli Kawasan Mbeliling (FPKM), Pemerhati Lingkungan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Balai Taman Nasional Komodo, OPD terkait lingkup Pemerintah Manggarai Barat yang merupakan anggota Komite. (Humaspro Manggarai Barat). 


Cetak   E-mail