Mentri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi Berkunjung Ke Labuan Bajo Kabuapten Manggarai Barat (22-12-2017), dalam rangkaian kegiaatan inspeksi mendadak (sidak) kesiapan transportasi pada liburan  Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Menhub tiba di bandara komodo sekitar pukul 10.30 wita dengan menggunakan jet pribadi bersama

rombongan di terima oleh Wakil  Bupati Manggarai Barat, Dr.Maria Geong, Phd. serta didampingi oleh Kapolres Manggarai Barat, AKBP  Julisa Kusumowardono, S.I.K dan Kepala Bandara Komodo DJarot Subianto di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Usai penyambutan, Mentri Budi bersama Wakil Bupati menuju ke dermaga ASDP Verry Labuan Bajo untuk melakukan sidak di kapal  verry cakalang II rute Labuan Bajo- Sape. Dalam kesempatan tersebut Mentri Budi mengecek  sarana dan prasarana pelabuhan. Dari hasil pengecekan tersebut menhub menemukan ada 2 (dua)  truck  dari 6 (enam) tuck yang di muat di kapal tersebut tidak menggunakan lhassing atau tali pengikat truck. Lhessing adalah  tali untuk mengikat kendaraan sewaktu ada guncangan gelombang besar.,dan itu merupakan standar keamanan dalam kapal .

Dirinya menyesalkan dan kecewa terhadap pihak ASDP dan General Manager ASDP Labuan Bajo yang tidak memperhatikan hal tersebut, kerena lhesseing adalah suatu  syarat dalam standard keamanan kapal ketika sedang mengakut penumpang, saya ingatkan KSOP harus melakukan tindakan yang tegas terhadap itu karena itu adalah masalah keselamatan. Menteri Budi juga sempat membeli buah-buahan yang dijajakan seorang ibu didalam kapal very yang hendak menuju ke Sape.

Dari dermaga pelabuhan very, Menhub melanjutkan sidaknya di dermaga  Filemon  untuk mengecek  sejumlah kapal dan berdialog dengan pemilik kapal dan selanjutnya Menhub langsung kembali ke Jakarta menggunakan pesawat yang sama.(valent-kominfo)