>

DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBERSIHAN

 
  • ALAMAT : Jl. Daniel Daeng Nabit, Wae Bo,Kel. Wae Kelambu Kec. Komodo.
  • Telephone : -
  • Fax : -
  • Email : -
  • Website : -
  • Twitter : - 

 

 

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup


PAULINUS PANGUL, SH

NIP. 196012311989031212


 


VISI DAN MISI


Visi :

"Terwujudnya Kabupaten Manggarai Barat Yang Hijau, Bersih  Dan Ramah Lingkungan"

Misi :

  1. Meningkatkan pengendalian pencemaran dan perusakan Lingkungan Hidup;
  2. Meningkatkan perlindungan dan konservasi sumber daya alam;
  3. Meningkatkan penataan dan pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH);
  4. Meningkatkatnya kualitaas penanganan dan pelayanan Pengelolaan persampahan;
  5. Meningkatkan pelayanan administrasi, akuntabilitas kinerja dan keuangan serta profesionalisme SDM.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI


Tugas Pokok :

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas Melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan di bidang Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang meliputi Pengendalian Dampak Lingkungan dan Konservasi, Pengawasan dan Penanggulangan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Kebersihan dan Pengelolaan Kualitas Lingkungan

Fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis dibidang Lingkungan Hidup dan bidang Kebersihan sesuai dengan kewenangannya;
  2. Merumuskan program kerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan;
  3. Pemberian rekomendasi perijinan lingkungan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan lingkungan hidup dan kebersihan dengan semua stakeholder terkait ;
  5. Pengguna Barang Dinas;
  6. Pengguna Anggaran Dinas;
  7. Membina aparatur dalam penyelenggaraan urusan lingkungan hidup dan kebersihan;
  8. Mengendalikan penyelenggaraan urusan lingkungan hidup dan kebersihan;
  9. Melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan urusan lingkungan hidup dan kebersihan;
  10. Melaporkan penyelenggaraan urusan lingkungan hidup dan kebersihan secara periodik  kepada atasan;
  11. Melakukan Penilaian kinerja staf;
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

PROGRAM KERJA


  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran;
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur;
  3. Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan;
  4. Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup;
  5. Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam;
  6. Program pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH).

STRUKTUR ORGANISASI


  • Kepala Dinas
  • Sekretaris, membawahi :
    • Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan;
    • Sub Bagian Program,Keuangan dan Pelaporan
  • Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan dan Konservasi, membawahi:

    • Seksi Pengendalian Dampak Lingkungan;
    • Seksi Konservasi
  • Bidang Pengawasan dan Penanganan Kerusakan Lingkungan Hidup, membawahi :
    • Seksi Pengawasan, Penataan Hukum dan Komunikasi Lingkungan;
    • Seksi Pengendalian dan Penanganan Kerusakan Lingkungan Hidup.
  • Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Kualitas Lingkungan, membawahi :

    • Seksi Penanganan Kebersihan dan Persampahan;
    • Seksi Penanganan Limbah dan Pemberdayaan Masyarakat.
  • Kelompok Jabatan Fungsional.

(Sumber : Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2019)

 

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISPENDUKCAPIL)
 
  • ALAMAT : Jl. Daniel Daeng Nabit, Wae Bo, Kel. Wae Kelambu Kec. Komodo.
  • Telephone : -
  • Fax : -
  • Email : -
  • Website : -
  • Twitter : - 
     

PIMPINAN :

Drs. Nabit Ansel

NIP. 196012311992031150

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

  

VISI DAN MISI

Visi :

“Terwujudnya Tertib Administrasi Kependudukan Dengan Memberikan Kepastian Hukum Untuk Memperoleh Rasa Aman Bagi Masyarakat Manggarai Barat”.

Misi :

  1. Meningkatkan Pelayanan Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.
  2. Meningkatkan Pelayanan Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil.
  3. Meningkatkan Pelayanan Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.
  4. Meningkatkan Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas Pokok :

Melaksanakan urusan pemerintahan di bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kesekretariatan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

Fungsi :

  1. Pengaturan, pembinaan, pengelolaan, pengawasan dan pengendalian di Sekretariat, Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, dan Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan;
  2. Perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. Pembinaan dan pelaksanaan urusan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

PROGRAM KERJA

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran;
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur;
  3. Program Penataan Administrasi Kependudukan.

STRUKTUR ORGANISASI

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretaris, membawahi :
    • Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan
    • Sub Bagian Keuangan, Program dan Pelaporan
  3. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk,  membawahi :
    • Seksi Identitas Penduduk.
    • Seksi Pindah Datang Penduduk
    • Seksi Pendataan Penduduk
  4. Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil,  membawahi :
    • Seksi Kelahiran.
    • Seksi Perkawinan dan Perceraian.
    • Seksi Perubahan Status Anak, Pewarganegaraan dan Kematian.

  5. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan,  membawahi :
    • Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.
    • Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan.
    • Seksi Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  6. Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, membawahi :
    • Seksi Kerja Sama.
    • Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan.
    • Seksi Inovasi Pelayanan.

(Sumber : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Barat 2018)

 

DINAS PERUMAHAN RAKYAT, KAWASAN PEMUKIMAN DAN PERTANAHAN (DPRKPP)

 
  • Alamat : Jl. Gabriel Gampur Desa Gorontalo  Kec. Komodo
  • Telephone :  -
  • Fax : -
  • Email : -
  • Website : -
  • Twitter : -
 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan


SOLUS YOHANES RAFAEL, ST

NIP. 196710051998051001


 


VISI DAN MISI


Visi :

"Terwujudnya keseimbangan antara kehidupan jasmani dan rohani dalam rangka pemenuhan kebutuhan rakyat melalui pembangunan sarana dan prasarana perumahan rakyat dan pengembangan kawasan pemukiman yang layak dan berkelanjutan serta pendataan pertanahan yang Tertib”

Misi :

  1. Meningkatkan akses perumahan yang layak huni dan Permukiman yang nyaman;
  2. Meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi;
  3. Mewujudkan pengembangan kawasan perkotaan Labuan Bajo sesuai dengan tata ruang;
  4. Mewujudkan kota Labuan Bajo yang memiliki infrastruktur permukiman yang layak dan berwawasan lingkungan;
  5. Tersedianya area publik yang memadai.
  6. Terdatanya Masyarakat yang tertib pertanahan

TUGAS POKOK DAN FUNGSI


Tugas Pokok :

Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan  urusan pemerintahan bidang perumahan rakyat dan kawasan permukiman serta urusan pemerintahan bidang pertanahan.

Fungsi :

  1. Pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian sekretariat.
  2. Pengaturan, pengelolaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian Perumahan.
  3. Pengaturan, pengelolaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian kawasan permukiman, perumahan dan kawasan permukiman kumuh.
  4. Pengaturan, pengelolaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian prasana, sarana dan utilitas umum.
  5. Pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian, penyelenggraan sertifikasi, kualifikasi, klasifikasi dan registrasi bidang perumahan dan kawasan permukiman.
  6. Pengaturan, pengelolaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian Penyediaan Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan.
  7. Pengaturan, pengelolaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian pembangunan sistem air limbah domestik dalam daerah kabupaten/kota.
  8. Pengawasan, pengelolaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian bidang p
  9. Pengawasan, Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian UPT Dinas dan Jabatan Fungsional.
  10. Pelaksanaan tugas dinas lainnya yang diberikan atasan

PROGRAM KERJA


  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  3. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  4. Program Pengembangan Perumahan
  5. Program Lingkungan Sehat Perumahan
  6. Program Pengelolaan Pertanahan
  7. Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Perumahan
  8. Program Pengembangan Wilayah Startegis dan Cepat Tumbuh

STRUKTUR ORGANISASI


  1. Kepala Dinas
  2. Sekretaris membawahi :
    • Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan
    • Sub Bagian Keuangan, Program dan Pelaporan
  3. Bidang Pertanahan, membawahi :
    • Seksi Perencanaan dan Pengaturan
    • Seksi Pengendalian dan Pengawasan
  4. Bidang Perumahan, membawahi :
    • Seksi Perumahan Rakyat
    • Seksi Penataan Perumahan
  5. Bidang Penataan Permukiman dan Bangunan, membawahi :
    • Seksi Penataan Bangunan
    • Seksi Permukiman dan Pengembangan Kawasan
  6. Bidang Penyedian Air Bersihdan Penyehatan Lingkungan, membawahi :
    • Seksi Peyehatan Lingkungan
    • Seksi Air Bersih

(Sumber : Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat 2019)

 

DINAS SOSIAL

 
  • ALAMAT : Jl. Daniel Daeng Nabit, Wae Bo, Kel. Wae Kelambu Kec. Komodo (Lantai 1)
  • Telephone : -
  • Fax : -
  • Email : -
  • Website : -
  • Twitter : - 
     

PIMPINAN

Agustinus M. Mangiradja S.Sos, M.Si

NIP. 196311181990021001

Kepala Dinas Sosial

  

VISI DAN MISI

Visi :

"Terwujudnya Masyarakat Yang Sejahtera"

Misi :

  1. Meningkatkan harkat dan martabat serta kualitas hidup masyarakat yang tergolong PMKS melalui Rehabilitas Sosial, Pelayanan Jaminan Sosial, Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Sosial
  2. Meningkatkan kualitas SDM Aparatur di Bidang Kesejahteraan Sosial;
  3. Meningkatkan kualitas para pendamping/ operator pelaksana PKH;
  4. Meningkatkan kapasitas Peksos, TKSK, Tagana dan LKS.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas Pokok :

Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan di Bidang Sosial, Advokasi dan Pengawasan Kesekretariatan berdasarkan asas otonomi dan tugas bantuan.

Fungsi :

  1. Pengaturan, pembinaan, pengelolaan, pengawasan dan pengendalian sekretariat;
  2. Pengaturan, pembinaan, pengelolaan, pengawasan, dan pengendalian pemberdayaan sosial;
  3. Pengaturan, pembinaan, pengelolaan, pengawasan dan pengendalian pelayanan serta rehabilitasi sosial;
  4. Pengaturan, pembinaan, pengelolaan, pengawasan, dan pengendalian organisasi serta bantuan sosial;
  5. Pelaksanaan tugas dinas lainnya yang diberikan atasan;

PROGRAM KERJA

(dalam pengerjaan)

STRUKTUR ORGANISASI

  • Kepala Dinas
  • Sekretariat, membawahi :
    • Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan;
    • Sub Bagian Program,Keuangan dan Pelaporan.
  • Bidang Rehabilitasi Sosial, membawahi:
    • Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial;
    • Seksi Pelayanan Anak dan Lansia.
  • Bidang Jaminan Sosial, membawahi :
    • Seksi Bantuan Penanggulan Bencana;
    • Seksi Pelayanan Sosial Korban Kekerasan dan Orang Terlantar.
  • Bidang Pemberdayaan Sosial, membawahi :
    • Seksi Pemberdayaan Sosial Keluarga Miskin dan KAT;
    • Seksi Pemberdayaan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial.
  • Bidang Perlindungan Sosial, membawahi :
    • Seksi Advokasi dan Perlindungan Sosial;
    • Seksi Pengelolaan Sumber Dana Sosial dan Jaminan Sosial.
  • Kelompok Jabatan Fungsional.
(Sumber : Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2018)
  

 

 
  • ALAMAT : Jl. Daniel Daeng Nabit, Wae Bo, Kel. Wae Kelambu Kec. Komodo
  • Telephone : -
  • Fax : -
  • Email : -
  • Website : -
  • Twitter : - 
     

PIMPINAN :

Ir. Siprianus Midi

NIP. 196408251992021002

Inspektur

  

VISI DAN MISI

Visi :

"Menjadikan Inspektorat Sebagai Aparat Pengawas dan Agen Perubahan Yang Handal dan Profesional"

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, dan akuntabel serta kepatuhan aparatur terhadap peraturan perundang-undangan;
  2. Meningkatkan profesionalisme Aparatur;

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas Pokok :

Inspektorat  yang dipimpin oleh Inspektur mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pemerintahan desa

Fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
  2. Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya;
  3. Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
  4. Pemeriksaan, pengujian, pengusutan, penilaian, monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemerintahan di daerah dan pemerintahan desa serta monitoring dan tindaklanjut hasil temuan pengawasan;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan atasan

PROGRAM KERJA

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  3. Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH
  4. Program Peningkatan Profesinalisme Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan
  5. Program Penataan dan Penyempurnaan kebijakan sistem dan prosedur pengawasan

STRUKTUR ORGANISASI

  • Inspektur
  • Sekretariat, membawahi :
    • Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan;
    • Sub Bagian Program,Keuangan dan Pelaporan
  • Inspektur Pembantu terdiri dari :
    • Inspektur pembantu Wilayah I membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan;
    • Inspektur Pembantu Wilayah II membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan;
    • Inspektur Pembantu Wilayah III membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan;
    • Inspektur Pembantu Wilayah IV membawahi jabatan fungsional yang melaksanakan fungsi pengawasan
  • Kelompok Jabatan Fungsional.

(Sumber : Inspektorat Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2018)

 

Info Wisata

article thumbnail Pulau Tatawa Besar
Minggu, 10 Maret 2019
    Pulau Tatawa Besar merupakan salah satu spot snorkeling terbaik. Disini ikan karang hidup tanpa gangguan. Juga sering menemui penyu, manta dan hiu karang putih yang bersembunyi di dasar pasir. Manta...
article thumbnail Loh Buaya
Selasa, 26 Februari 2019
Loh Buaya merupakan tujuan utama dan gerbang wisata bagi para wisatawan berkunjung ke Pulau Rinca. Di tempat ini, wisatawan dapat melihat komodo lebih dekat dengan membeli tiket terlebih dahulu...
article thumbnail Pulau Sebayur
Jumat, 15 Februari 2019
  Pulau Sebayur merupakan salah satu lokasi penyelaman yang indah. Berada di sekitar Labuan Bajo. Sebuah terumbu karang yang memanjang ke arah Barat Daya dari pulau ini membentuk jurang menuju...
article thumbnail Crystal Rock
Rabu, 13 Februari 2019
  Merupakan salah satu titik menyelam terbaik dengan warna warni karang lunaknya yang menutupi hampir semua tempat. Kumpulan dari Anthias dan ikan kuning musiman yang selalu berkejaran, juga ikan...
article thumbnail PANTAI PINK
Kamis, 24 Mei 2018
  Pantai Pink merupakan destinasi wisata di Taman Nasional Komodo yang sangat unik karena sesuai dengan namanya, di sepanjang kawasan pantai ini berwarna pink atau merah muda. Sebenarnya warna pink...
Info lainnyaWISATA ALAM  
link-terkait-tb.png
 Hasil gambar untuk logo burung indonesia    

 

telepon-penting-tb.png
  • Pemkab (0385) 41131
  • Polisi (Humas) 0821-4603-1430
  • Rumah Sakit Siloam (0385) 2381900
  • Pemadam Kebakaran (081237066961)
  • PDAM (0385) 41404
  • PLN (0385) 2443007
  • Pos SAR Mabar (0385) 2443088
  • Emergency Call KLB DBD (081238191070)

Cuaca

Cannot get MANGGARAI BARAT location id in module mod_sp_weather. Please also make sure that you have inserted city name.

Statistik Kunjungan

Hari ini695
Kemarin963
Minggu ini2581
Bulan ini20530
Total560200

IP Pengunjung 18.232.99.123 kominfo@manggaraibaratkab.go.id Unknown - Unknown Rabu, 17 Juli 2019 19:54

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Dinas Komunikasi dan Informatika

Jl. Sernaru - Labuan Bajo, Flores, NTT, Telp (0385) 2443240
Email: kominfo@manggaraibaratkab.go.id

Lokasi Kantor Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat

Please publish modules in offcanvas position.