Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan seorang ibu memegang peranan penting dalam konteks digital atau konteks konten. “Kenapa wanita menjadi penting dalam konteks digital, dalam konteks konten? Karena ibu itu di rumah yang paling banyak berinteraksi dengan anak-anak kita” katanya dalam Diskusi Publik Peringatan Hari Ibu 2017 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Sabtu (16/12/2017). Turut hadir dalam diskusi publik ini komunitas Lembaga

Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER) dan Ruang Berbagi dan Peduli, serta komunitas Kebaya Kopi dan Buku.

Menurut Menteri Rudiantara, peran itu tidak bisa dilepaskan dari peran ibu dalam pendidikan anak dalam rumah. “Bangsa ini ke depannya mau jadi seperti apa banyak bergantungnya kepada ibu-ibu karena memang banyak berkaitan dengan pendidikan anak-anak khususnya di rumah” tuturnya.

Dalam acara bertema “Ibu Cerdas di Era Digital” itu, Menteri Kominfo menekankan perlunya pendampingan dari orangtua kepada anak-anak saat anak-anak bermain dengan digital. “Ibu-ibu harus lebih maju dalam menggunakan teknologi. Kalau tanpa pendampingan dari orangtua, itu akan bisa menjadi negatif pada pertumbuhan anak itu sendiri,” tandasnya. Lebih jauh menurut Menteri Kominfo, literasi digital menjadi jembatan antara kesenjangan kemampuan digital yorang tua dan anak.

Acara “Ibu Cerdas di Era Digital” merupakan kerjasama Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Kominfo dengan LPER (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat), KKB (Kebaya Kopi Buku), Gerakan Kopi Persahabatan, Komunitas Tata Kelola Internet (ID-IDF), Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, dan pemangku kepentingan lainnya. Selain Menteri Kominfo Rudiantara sebagai pembicara kunci, ada pembicara lain yaitu Marsha Tengker, Shafiq Pontoh, dan Tantri Relatami. Acara ini dihadiri 350 orang yang merupakan anggota komunitas maupun umum.(PS)

Sumber: kominfo.go.id


Cetak   E-mail