OBYEK WISATA MENARIK ADA DI LABUAN BAJO - 2

10 TEPAT WISATA MENARIK LAINNYA

Tempat Wisata Labuan Bajo bukan hanya Pulau Komodo saja ataupun Pulau Padar, terdapat banyak sekali lokasi wisata yang dapat kamu explore jika berkunjung ke Labuan Bajo. Anggapan bahwa Wisata Labuan Bajo hanya untuk melihat Komodo saja, saat ini terasa kurang pas! mungkin dulu anggapan tersebut ada benarnya, namun seiring perkembangan zaman dan majunya sektor pariwisata di Labuan Bajo, maka ada beberapa tempat wisata di labuan bajo yang juga mempunyai daya tarik hingga banyak menarik wisatawan datang berkunjung.

Saya yakin saat anda membaca tulisan ini berarti anda mempunyai ketertarikan dengan destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo atau mungkin anda hendak menyusun rencana dan jadwal untuk berkunjung ke Labuan Bajo ! Sebagai lanjutan dari posting kami sebelumnya berjudul “20 TEMPAT WISATA DI LABUAN BAJO” maka kami mencoba merangkum daftar lokasi wisata yang menarik dan wajib anda kunjungi saat berlibur ke Labuan Bajo, mulai dari wisata air terjun, wisata gua, wisata pantai, wisata snorkling, wisata sunset, wisata trekking, hingga wisata budaya.

  1. Pantai Pink

Pantai yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan Pantai Merah ini relatif sepi dan tenang sehingga pas bagi anda yang ingin menenangkan diri. Hal ini dikarenakan pantai ini tak berpenghuni. Pink Beach Komodo Island bisa ditempuh dengan menyewa dengan speed boat atau kapal dari Labuan Bajo. Namun jika anda menggunakan paket tour Komodo biasanya dari Labuan Bajo terlebih dahulu menuju Dermaga Loh Buaya yang ada di  Pulau Rinca. Kurang lebih perjalanan ini memakan waktu selama 45 menit. Sementara dari Dermaga Loh Liang yang ada di Pulau Komodo hanya diperlukan waktu 30 menit perjalanan dengan kapal. Untuk akomodasi, anda bisa menggunakan hotel-hotel yang ada di kota Labuan Bajo.

 2. Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl dan mempunyai debit air yang cukup besar. Air terjun ini sendiri mempunyai ketinggian sekitar 30 m. Terdapat kolam alami yang menampung aliran air yang jatuh ke bawah yang dijadikan tempat untuk berenang oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Airnya yang jernih dan bersih serta pemandangan sekitar yang banyak ditumbuhi pepohonan yang hijau menjadikan tempat ini mempunyai pesona tersendiri. Dari Kota Labuan Bajo yang berjarak sekitar 30 km anda bisa menggunakan mobil sewaan menuju Desa Cunca Lolos dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Tarif sewa mobilnya dihitung per hari dan biayanya tergantung dari negosiasi anda dengan pemilik mobil. Setelah sampai di Desa Cunca Lolos anda bisa melanjutkan perjalananmu menuju Air Terjun Cunca Rami melalui jalur trekking.

 3. Pulau Kalong

Pulau Kalong ini terletak sekitar 8 km dari Pelabuhan Labuan Bajo yang bisa ditempuh dengan perjalanan laut selama kurang lebih 1 jam. Pulau ini merupakan kawasan hutan bakau yang perannya penting dalam keseimbangan alam khususnya lautan. Sebagai habitat asli kelelawar atau kalong, tentu bila datang ke pulau ini saat matahari terang bersinar tidak akan ada kelelawar yang berlalu-lalang terbang, yang ada hanya pemadangan kelelawar-kelelawar tersebut tidur bergelantungan di pohon-pohon yang ada di seluruh pulau. Bila Anda ingin melakukan perjalanan sesuai keinginan Anda dan rombongan tentunya Anda juga bisa menyewa kapal motor cepat kayu yang dimiliki warga sekitar pelabuhan dengan harga mulai dari 750 ribu- 1,5 juta rupiah per harinya tergantung dari rincian tujuan perjalanan Anda dalam sehari serta jumlah orang yang ikut. Singgahlah sejenak di Pulau Kalong dan Anda akan benar-benar merasakan kehidupan liar tanpa gangguan manusia.

 4. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari Labuan Bajo merupakan salah satu spot terbaik untuk melakukan Snorkling dan Dive, karang laut dan koralnya memberikan keindahan bagi anda. Tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk dapat mengunjungi pulau yang sering disebut The Angle ini, jarak tempuh dari Labuan Bajo hanya memakan waktu kurang lebih 30 Menit saja jika anda menggunakan boat atau kapal kayu biasa. Namun jika anda berangkat menuju Pulau Bidadari menggunakan speedboat maka jarak tempuh bisa jauh lebih cepat yaitu hanya menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit saja. Begitu tiba di Pulau Bidadari, anda akan disajikan dengan hamparan pantai berpasir putih polos tanpa terlihat karang yang menonjol. Air pantainya juga terlihat begitu biru dan jernih dengan ombak kecil dan tak banyak wisatawan yang membuat pulau ini terasa begitu tenang dan nyaman.

 

  1. Manta Point

Manta Point Komodo adalah Salah satu lokasi dive dan snorkling yang paling banyak diincar oleh para traveler. Berenang atau snorkling sambil menyentuh Manta Ray memang memberikan sensasi tersendiri ! tak jarang banyak wisatawan betah berlama-lama di lokasi ini. Namun dibalik pesona manta point, kamu harus tetap waspada saat snorkling disini ya ! Bukan karena takut diserang oleh Manta Ray yang berukuran hingga 3 meter lebih. Tapi karena arus kencang di bawah laut yang jika kamu tidak sadar bisa membawamu bermeter-meter jauhnya dari kapal kamu. Pari manta bisa dibilang sebagai salah satu makhluk air yang eksotis. Walau tidak berbahaya layaknya pari pada umumnya, bukan berarti kita bisa seenaknya mengganggu mereka. Selalu jaga jarak aman dan abadikan dengan tenang momen liukan mereka. Dan jika terjadi sesuatu di laut dengan kamu tetap tenang ya ! jangan panik karena panik akan menguras tenaga yang kamu miliki. Ikan Pari Manta atau Manta Ray adalah ikan pari paling besar. Namun meskipun besar, makannya hanyalah plankton. Mulutnya yang besar memudahkan ikan ini mengambil plankton-plankton di lautan. Pada bagian mulutnya terdapat filter yang berfungsi sebagai penyaring makanan yang masuk ke mulut. Plankton akan masuk ke dalam lambung, sedangkan air laut akan dikeluarkan kembali melalui insang nya.

 6. Danau Sano Nggoang

Wisata alam memang tidak ada matinya, selalu menawarkan hal baru yang tidak akan kita temui pada setiap destinasinya. Seperti danau yang satu ini, Danau Sano Nggoang. Terletak di Kabupaten Manggarai Barat, danau vulkanik ini menjadi danau terbesar se-NTT. Letaknya yang berada di ujung barat Pulau Flores membuat Anda yang ingin berlibur ke sini bisa membuat paket wisata sendiri bersama destinasi wisata lainnya, seperti Taman Nasional Komodo, Air terjun Cunca Rami, Cunca Wulang, dan masih banyak lagi. Akses menuju ke danau ini masih relatif sulit, satu-satunya akses dari Kota Labuan Bajo menuju danau ini adalah jalur darat. Berangkat dari Labuan Bajo memakan waktu perjalanan sekitar +2 jam, sekarang jalur tranportasi menuju Danau Sano Nggoang sedang dalam tahap pembangunan. Pintu masuk bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Sano Nggoang adalah Desa Wae Sano, tepatnya dusun Nunang. Dusun Nunang sudah terdapat home stay milik masyarakat yang tepat berada di tepi danau.

 7. Puncak Gunung Mbeliling

Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT tidak hanya punya Taman Nasional Komodo yang sudah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia sebagai obyek wisata unggulan. Tak jauh dari Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat, terdapat kawasan Hutan Mbeliling, yang merupakan habitat bagi spesies burung endemik Flores. Di hutan Mbeliling itu antara lain terdapat burung khas Flores yang bisa mengeluarkan 77 jenis suara. Warga lokal menyebutnya dengan nama kaka ngkiong. Kawasan Hutan Mbeliling menjadi salah satu contoh betapa wilayah hutan yang terletak di ketinggian lebih dari 1.300 meter di atas permukaan laut itu menjadi surga bagi para pelancong. Hutan Mbeliling hanya berjarak 25 kilometer dari Labuan Bajo. Kawasan hutan itu terkenal bukan hanya karena merupakan hutan terluas di Flores tetapi juga berdasarkan penelitian BirdLife Internasional, di hutan ini terdapat 29 jenis burung. Empat jenis di antaranya merupakan burung endemik Flores dan tiga di antaranya hanya terdapat di kawasan hutan Mbeliling. Ketiga jenis burung tersebut yakni serindit Flores (Loriculus flosculus), kehicap Flores (Monarcha sacerdotum), dan Gagak Flores (Corvus Floresis).

 8. Pulau Kelor

Labuan Bajo terkenal dengan banyaknya pulau-pulau kecil yang begitu indah untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Kelor.  Mungkin anda pernah mendengar nama pulau kelor atau bahkan anda pernah mengunjunginya. Sama halnya dengan kebanyakan pulau di Labuan Bajo, pulau kelor menyiratkan keindahan di darat dan didalam laut. Koral yang indah berpadu dengan terumbu karang yang alami serasa begitu menggoda. Jarak pulau ini tidaklah begitu jauh dari Labuan Bajo, sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kapal biasa dan kurang lebih 30 menit dengan menggunkan speedboot. Pulau Kelor Komodo berbeda dengan Pulau Kelor yang ada di kepulauan seribu, jika di pulau seribu konturnya landai dengan benteng tua di tengah pulau. Pulau Kelor ini memiliki bibir pantai yang cukup landai dengan pasir putih dan bukit menjulang di tengah pulau yang menggoda untuk didaki. Sebelum anda mejejakan kaki di pulau kecil ini, anda akan terpana dengan kejernihan air lautnya hingga anda dapat menikmati pemandangan dasar laut dari atas kapal. Aktifitas seperti berenang dan snorkling dapat kamu lakukan di pulau kelor. Kamu juga bisa mendaki keatas bukit yang memiliki kemiringan lebih dari 45 derajat. Ada jalan setapak yang bisa kamu ikuti hingga puncak bukit, namun akan membutuhkan usaha lebih dan nafas panjang saat jalan mulai miring. Jangan terlalu dipaksakan jika anda kelelahan di tengah jalan, coba istirahat dan kembali berjalan lagi. Kurang lebih 20 menit dibutuhkan trekking menaiki bukit pulau kelor.

  1. Pulau Kambing

Tempat wisata Labuan Bajo yang juga menarik adalah Pulau Kambing Komodo merupakan salah satu dari sekian banyak tempat indah yang berada di Flores. Jika waktu mendengar namanya kita akan menyangka bahwa tempat ini dipenuhi oleh kambing dan baunya tidak enak. Bayangan kita ternyata salah ! Bahkan jauh dari yang sebenarnya ! Pulau Kambing Komodo merupakan salah satu tempat indah yang letaknya tidak terlalu jauh dari Labuan Bajo. Bicara masalah luasnya, Tempat ini terbilang tidak luas dibanding pulau – pulau lain yang ada kepulauan komodo. Hanya terdiri dari pantai dan satu bukit tidak terlalu tinggi. Tapi warna koral di tempat itu cukup beragam. Dan kala senja, Anda tidak hanya bisa melihat matahari terbenam saja. Ada juga  puluhan ribu kelelawar yang sedang meninggalkan tempatnya. Seketika langit merah kehitaman penuh dengan hewan pemakan buah itu. Bentangan pasir putih serta birunya laut tentu saja membuat anda untuk ingin berenang dan snorkling di tempat indah ini. Pulau ini adalah bingkisan lengkap dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Kami menganjurkan bagi anda yang ingin bertamasya ke Komodo untuk datang dan nikmati pesona alam pulau kambing. Selain berenang, kita bisa naik keatas puncak bukit kecil untuk sekedar berfoto dan memandangi keindahan alam.

Bukan  hanya snorkling, kita juga bisa melakukan selam atau diving di pulau kambing  ! tidak  kalah bagus dengan pesona bawah laut di pulau lainnya. Pulau Kambing menyimpan pemandangan koral dan karang yang membentang indah. Jadi jangan lupa untuk memasukan Pulau Kambing kedalam daftar tujuan favorit anda saat berkunjung ke labuan bajo bro!

 10. Wae Rebo

Kampung Wae Rebo terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kecamatan Satarmese Barat. Gunung-gunung megah yang mengelilinginya membuat desa ini terisolasi. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakatnya harus berjalan kaki menembus hutan sepanjang 9 kilometer untuk sampai ke Denge, desa yang paling dekat dengan Wae Rebo. Untuk memulai trekking menuju Wae Rebo, sebaiknya berangkatlah pagi-pagi sekali. Pasalnya, sekitar 3-4 kilometer awal perjalanan tidak tertutupi oleh pepohonan rindang. Bila kamu memulai trekking di siang hari, risikonya adalah tersengat sinar matahari yang tak berbelas kasihan. Jika kamu kesiangan, jangan malah memilih berangkat malam demi menghindari matahari. Hal ini tidak diperbolehkan. Trek yang akan kamu lalui merupakan tanah yang labil dan rawan longsor, sehingga sangat berbahaya jika trekking dilakukan pada malam hari. Kurang lebih 3-4 kilometer awal perjalanan adalah jalanan yang cukup untuk pemanasan. Tanjakannya belum terlalu curam, dan jalannya pun cukup lebar. Trek selanjutnya adalah jalan setapak di tengah hutan yang sangat rimbun. Beberapa kali jalurnya berada di pinggiran tebing yang langsung berbatasan dengan jurang yang sangat dalam. Jalanan yang akan kamu lalui terus menanjak, hingga kamu sampai di jarak 2400 meter sebelum Wae Rebo. Setelah itu, kamu akan menemui jalan datar. Kurang dari satu kilometer dari Wae Rebo, jalananmu akan turun dan melewati kebun kopi.

 

Masih banyak tempat-tempat wisata ada di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat. Pada postingan berikutnya admin akan mengeksplor spot wisata lainnya yang ada di Labuan Bajo seperti ekowisata, pesona alam dan sebagainya. Ayo berkunjung ke Labuan Bajo.

 

Sumber: dari berbagai artikel


Cetak   E-mail