Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (RI) melaksanakan kegiatan Literasi Digital 2017 di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan Literasi Digital ini mengambil tema “Berkreasi Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) Dalam Mengangkat Pesona Wisata Manggarai Barat yang  berlangsung di di Aula Hotel Marshel Lodge, Gorontalo, Labuan Bajo, Jumat (6/10 ) 2017.

Asiten deputi (ASdep) bidang Infrastruktur dan lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Ibu  Ratna Susianawati, SH.MH, mengatakan Kegiatan Literasi Digital dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kesetaraan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi perempuan dan laki-laki dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dlm upaya pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan anak, serta mendukung Misi Nasional Membangun Indonesia Bagian Timur dan Mengoptimalkan Potensi Lokal NTT. Selain itu juga  dirinya berpesan kepada peserta yang hadir agar  memnfaatkan IT untuk hal hal yang posotif atau sesuai dengan pemanfaatanya.

Sementara itu Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, P.hD., saat membuka kegiatan mengatakan Dengan adanya Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK)bisa menjawab banyak isu  isu strategis yang berkembang akhir-akhir ini. Namun perlu disadari bahwa TIK juga memiliki Dampak buruk yang bisa terjadi terhadap   kaum perempuan,,para remaja dan anak -anak..

Wakil Bupati Maria melanjutkan bahwa Pendidikan bagi remaja dan anak-anak tentu tergantung kepada kaum perempuan. Karena perempuan memiliki rasa dan kepedulian terhadap perkembangan, kemajuan dan pendidikan dari para remaja dan anak-anak. Oleh sebab itu, kepedulian harus di bangun atas dasar pengetahuan.

 Kepada peserta  dirinya  mengajak untuk  manfaatkan TIK ini untuk bisa menjadikan dunia lebih dekat dengan kita. Gunakan IT secara positif untuk membangun komunikasi di segala bidang. Tingkatkan penggunaan fasilitas internet untuk berbagi dan mendapatkan sesuatu yang positif,” ujarnya

Usai memberikan sambutan Wabup Maria  yang di dampingi oleh Kepala  Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB kab. Manggarai Barat Ibu Puji Astuti  diberi penghargaan berupa sertifikat oleh Deputi Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI .

Dalam kegiatan  tersebut hadir sebagi pemateri adalah ibu Marta  simanjuntak dari  Indonesia Women IT Awarness (IWITA) . sementara sebagai peserta yang hadir utusan dari OPD lingkup pemerintah Kab. Manggarai Barat , Guru, utusan Siswa/I SLTP sampai SMA sekota Labuan bajo,Ibu –ibu,pelaku usaha kuliner  dan sejumlah LSM. (Kominfo-Mabar)