Kominfo Mabar; Jumat, 16 Februari 2018;

Labuan Bajo – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini di kecamatan-kecamatan dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Menurut jadwal yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat pelaksanaan kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan tersebut dilaksanakan pada 12 kecamatan dengan penjadwalan sebagai berikut:

Untuk Kecamatan Lembor Selatan dan Kecamatan Mbeliling akan dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 20 sampai dengan 21 Februari 2018. Di Kecamatan  Welak dan Kecamatan Macang Pacar dilaksanakan secara bersamaan pula pada tanggal 21 sampai dengan 22 Februari 2018.

Sementara di Kecamatan Ndoso, Kuwus Barat dan Sano Nggoang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 sampai dengan 23 Februari 2018. Pelaksanaan kegiatan Musrenbang di Kecamatan Komodo dan Boleng dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 28 Februari 2018.

Sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya masing-masing Kecamatan Lembor, Kuwus dan Pacar dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 2 Maret 2018.

Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan.

Musrenbang ini dilaksanakan dengan tujuan untuk pertama, membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Kedua, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Dan ketiga, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

Berkaitan pelaksanaan kegiatan Musrenbang tersebut diminta setiap OPD mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan dimaksud.(AN)