Pantai Pink merupakan destinasi wisata di Taman Nasional Komodo yang sangat unik karena sesuai dengan namanya, di sepanjang kawasan pantai ini berwarna pink atau merah muda. Sebenarnya warna pink ini timbul karena banyaknya terumbu karang yang berwarna sama dan ketika ombak datang sebagian terumbu karang tergerus air kemudian bercampur dengan pasir. Hasilnya adalah pantai indah dan unik berwarna pink atau merah muda yang mempesona.

(Sumber Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat)

 

Pulau Kalong merupakan salah satu pulau kecil di Taman Nasional Komodo (TNK). Pulau ini terletak di antara pulau Rinca dan pulau Papagarang. Masyarakat lokal menyebutnya pulau Kalong, karena pulau ditumbui pohon bakau dan dihuni jutaan burung kalong (kelelawar). Pulau kalong dapat ditempuh sekitar 35 menit dengan speedboath dari kota Labuan Bajo dan merupakan salah satu obyek wisata terkenal yang sangat diminati oleh wisatawan mancanegara.

 

Sumber Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat 2018

Salah satu daya tarik wisata yang lagi trend di Kabupaten Manggarai Barat saat ini adalah pulau padar. Pulau Padar masih merupakan wilayah Taman Nasional Komodo. Sajian utama dari pulau padar adalah panorama alam yang indah di puncaknya. Untuk sampai ke puncak, pengunjung harus trekking melalui jalur setapak yang sudah dibangun oleh Balai Taman Nasional Komodo. Trekking sebaiknya dilakukan pada jam 07.00-09.00 pagi, karena jalur trekking yang panjang sekaligus menantang. Meskipun awalnya bersusah-susah namun percayalah ketika sampai di puncak kelelahan akan berubah menjadi suatu yang menyenangkan.

Sumber Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Manggarai Barat

Pusat manta berada di titik Makassar Reef. Di sini menjadi tempat favorit Manta sekaligus stasiun pembersih untuk membersihkan diri yang dilakukan oleh ikan-ikan karang kecil yang hidup disekitar block karang. Dari permukaan sangat mudah menyaksikan Manta yang sedang makan plankton. Cara terbaik dan waktu paling tepat untuk menyelam di sini adalah pada saat air laut menjelang surut dan menjelang pasang. Disarankan untuk membawa tongkat.

 

Pada puncak karang di Batu Bolong tertutup oleh karang lunak, ribuan Anthias dan ikan karang. Di kedalaman lautnya terdapat ikan-ikan besar termasuk hiu, napoleon wrasses, travellies raksasa, ikan tuna dan kumpulan ikan pelangi.

(Sumber Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Manggarai Barat Tahun 2018)

your content
your content 1
your content 2
your content 3
your content 4