PULAU KANAWA

Pulau Kanawa, pulau kecil dengan alam yang eksotis merupakan salah satu destinasi pariwisata favorit di Labuan Bajo, Flores. Pulau ini memiliki luas sekitar 32 ha dan berjarak kurang lebih 15 km dari Labuan Bajo, ibukota Manggarai Barat. Pulau ini juga juga sering disebut sebagai pintu gerbang pulau komodo, karena semua kapal yang menuju ke pulau Komodo pasti melewati pulau ini.

Pulau Kanawa dikenal memiliki keindahan alam dan kehidupan bawah laut yang sangat mempesona. Pantai dengan pasir putih dan air laut biru yang jernih memungkinkan Anda untuk menikmati ekosistem laut yang beragam seperti terumbu karang dan aneka jenis ikan. Bahkan ketika Anda menginjakan kaki di dermaga Kanawa, Anda bisa melihat berbagai jenis hewan laut seperti hiu kecil dan terumbu karang yang indah tanpa harus menyelam.

Pulau ini sangat cocok untuk bersantai, berjemur dan berenang di pantai. Jika Anda ingin menenangkan diri dari rutinitas yang padat tempat ini sangat direkomendasikan. Selain itu, pulau ini menawarkan spot yang bagus untuk snorkeling dan diving. Anda bisa menyewa alat snorkeling yang tersedia disini. Demikian juga untuk diving, ada PADI Dive Center yang siap memberi Anda berbagai paket diving. Aktivitas Snorkeling dan diving ini akan membawa Anda pada aneka ragam kekayaan dan pemandangan bawah laut yang indah.

Ditempat ini juga Anda bisa melakukan trekking sambil menikmati sunrise dan sun set. Bukit yang tidak terlalu tinggi untuk didaki menjadi tempat yang tepat untuk menikmati alam sekitar pulau Kanawa. Anda juga bisa mengikuti tour ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca dan lain-lain yang ditawarkan oleh pihak pengelola.

Untuk akomodasi, ditempat ini sudah ada penginapan Kanawa Beach Bungalows dengan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Karena tempat ini menjadi salah satu favorit wisatawan maka Anda harus booking jauh jauh hari sebelum berlibur ke tempat ini. Paket penginapan sudah termasuk makan pagi dan fasilitas antar jemput Labuan Bajo-Kanawa pulang pergi. Untuk makanan disini juga sudah tersedia restoran yang aneka ragam menu baik menu dalam negeri maupun luar negeri.

 

Travel Guide:

Dari Labuan Bajo bisa menggunakan Kapal gratis faslitas antar jemput dari pengelola Kanawa Beach Bungalows. Jam jemput setiap hari pukul 12.00 siang dari Labuan Bajo-Kanawa dan Jam 08.00 Pagi untuk antar dari Kanawa-Labuan Bajo. Anda juga bisa menggunakan kapal sewaan yang tersedia di Labuan Bajo, jika Anda tiba setelah jam 12 siang.

 

(Sumber : Dinas Pariwisata da Kebudayaan Kab Manggarai Barat Tahun 2018)

Administrator