LABUAN BAJO – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Manggarai Barat bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Manggarai Barat menyemarakan HUT RI ke-73 dengan menyelenggarakan Lomba Fashion Show Modifikasi Pakaian Tenun Manggarai Barat di Aula Kantor Bupati, Selasa (14/8/2018).

Lomba Fashion Show Busana Adat ini diikuti 35 peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD, PKK Kecamatan dan PKK Desa di Manggarai Barat.

Ketua Panitia Lomba, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Manggarai Barat, Dominikus Yakel,SH mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap budaya daerah, menjaga kelestarian budaya tenun ikat sebagai warisan leluhur yang amat bernilai, dan meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Blasius Jeramun dalam sambutannya mengatakan, lomba busana adat ini merupakan bentuk partisipasi yang nyata dalam melestarikan budaya dan lebih dari itu meningkatkan daya saing tenun ikat daerah bukan hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional dan bahkan internasional.

Kreativitas pelaku usaha, lanjut Blas Jeramun, dituntut untuk lebih memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan sehingga dapat bersaing dengan produk dari daerah lainnya mengingat Labuan Bajo yang telah menjadi kota yang dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

Dalam pada itu, Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, lomba ini merupakan upaya mengangkat citra budaya Manggarai Barat demi melestarikan kain tenun songke dan sebagai ajang promosi kepada masyarakat dan wisatawan mancanegara.

Hal yang perlu diperhatikan, ungkap Bupati Gusti Dula, adalah meningkatkan kualitas kain tenun songke dengan melibatkan designer sehingga motifnya lebih bervariasi dengan sentuhan inovasi dan kreatif.

Dalam mendukung mutu kain tenun songke ini, Bupati Gusti Dula mengajak semua pihak terutama swasta, BUMD terkait akses modal untuk peningkatan sarana dan prasarana agar produk usaha industri kecil dan menengah dapat bersaing di pasaran.

Oleh karena itu, Bupati Gusti Dula memberi apresiasi kepada DEKRANASDA dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Manggarai Barat yang menginisiasi penyelenggaraan lomba fashion show busana adat Manggarai Barat dan menginspirasi semua pihak bahwa potensi kearifan lokal kita yang kaya dengan nilai-nilai kehidupan dapat tetap dilestarikan dan diwariskan kepada generasi berikutnya.

Dalam lomba Fashion Show Busana Adat Manggarai Barat tersebut, Patrisia Jinus dari Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan berhasil mendapat juara satu, sementara Maria Salut dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah meraih juara dua, sedangkan juara tiga direbut Beatriks Kurniawati dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah. (Arnoldus Nggorong)


Cetak   E-mail