PEMDA MABAR ADAKAN PUBLIKASI KEDINASAN KEPALA DAERAH

LABUAN BAJO – Pemerintah Daerah Manggarai Barat mengadakan Publikasi Kedinasan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Manggarai Barat dengan tema meningkatkan Kesadaran Hukum, Politik, Budaya dan Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Pembangunan di kampung Dalong, Desa Watu Nggelek, Kecamatan Komodo, Selasa (5/6/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula dan Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong Ph.D. Turut Mendampingi Bupati Manggarai Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, Yulius Sigit Kristanto SH dan Wakapolres Manggarai Barat. Sebelum kegiatan Bupati dan rombongan diterima secara Adat oleh tua-tua adat dari Desa Watu Nggelek dan selanjutnya diantar menuju tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Bupati Manggarai Barat dalam pemaparannya menyampaikan terima kasih kepada Humas Setda Mabar  dengan adanya kegiatan ini. Kegiatan publikasi ini sangat penting agar masyarakat tau apa yang sudah dibuat oleh Pemerintah Daerah  selama ini. Kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya agar berlomba-lomba melakukan publikasi kedinasannya masing-masing  seperti yang dilakukan Humas Setda Mabar.

Selain itu juga Bupati Dua periode ini meminta setiap OPD agar menjalankan Visi dan Misi Pemda Manggarai Barat yakni ramah, maju dan sejahtera. Untuk mencapai visi dan misi ini tentunya Pemerintah Daerah dan juga  DPRD, pihak Swasta dan masyarakat harus berkerja bersama dalam memajukan pembangunan di Manggarai Barat.

Dalam kegiatan ini Bupati Manggarai Barat juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah merelakan sebagian tanahnya untuk bangun tiang listrik. Sikap tersebut membangun kesadaran akan kepentingan umum.

Sementara itu  Kepala Kejaksaan Negeri Labuan Bajo Sigit Kristanto,SH dalam penyampaian materi tentang hukum menjelaskan agar setiap Kepala Desa dalam mengelola ADD harus melibatkan masyarakat baik dalam proses perencanaan, penetapan standarisasi harga dan juga dalam pengerjaan dan harus dikerjakan secara Swadaya.

Dalam kesempatan itu juga dirinya  meminta masyarakat agar berperan aktif untuk melaporkan ke pihak penegak hukum apabila ditemukan penyimpangan.

Turut Hadir dalam kegiatan publikasi kedinasan tersebut Asisten Setda Mabar, semua kepala OPD lingkup Setda mabar, Camat se-Kabupaten Manggarai Barat, Kepala desa Watu Nggelek, Kepaa Desa Nggorang, Kepala Desa Golo Bilas, Romo Marselinus Barus, tokoh masyarakat dan sejumlah awak media.

Terima Tenaga Medis

Pemerintah Manggarai Barat menerima tenaga medis dari program Nusantara Sehat yang diprogramkan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk ditempatkan di daerah terpencil di seluruh Indonesia.

Manggarai Barat mendapat jatah 11 orang tenaga medis yang terdiri dari satu dokter gigi dan 10 lainnya adalah tenaga perawat, farmasi, tenaga gisi, ahli teknologi laboratorium, dan tenaga kesehatan masyarakat.

Semua tim medis ini akan dibagi di setiap puskesmas terpencil di antaranya ditempatkan di Rego dan Bari.

Bupati Manggarai Barat dalam kesempatan itu menyampaikan selamat datang dan terimakasih kasih sudah bersedia ditempatkan di Kabupaten Manggarai Barat. (Valentinus Abu)


Cetak   E-mail