KOMINFO MABAR, Sabtu, 3 Februari 2018

Labuan Bajo – Menyongsong perayaan HUT Kabupaten Manggarai Barat yang ke-15, yang jatuh pada tanggal 25 Februari, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat menyelenggarakan serangkaian kegiatan.

Menurut panduan kegiatan yang diperoleh dari Bagian Pemerintahan Umum Kabupaten Manggarai Barat, serangkaian kegiatan yang diselenggarakan antara lain pemasangan umbul-umbul di tiap OPD dan tempat-tempat strategis, kebersihan kota dan pesisir pantai, olahraga dengan menyelenggarakan pertandingan bola voley, tenis meja, sepak takraw, tenis lantai, gerak jalan dan tarik tambang, bakti sosial pelayanan kesehatan umum, gigi, pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), donor darah, pemasangan gapura, baliho dan spanduk di tempat-tempat strategis, karnaval, pameran sepekan, seminar tentang Pembangunan Jalan Sesuai Karatkter Tanah.

 

Acara adat Wie Nipu Ceki

Acara adat wie nipu ceki adalah salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan dalam menyongsong HUT Mabar. Acara adat ini dilaksanakan Minggu, (28/1/2018) di pelataran obyek wisata Batu Cermin.

Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula

Wie nipu ceki merupakan refleksi kesadaran masyarakat Manggarai Barat untuk menghormati leluhur dan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur pada Tuhan atas limpahan anugerah kebaikan yang diterima.

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama fungsionaris adat kedaluan Nggorang yang telah menginisiasi kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap kearifan lokal.

Bupati Gusti Dula mengharapkan agar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadikannya sebagai event tahunan sehingga kearifan lokal budaya kita tetap lestari dan dapat juga diketahui oleh generasi-generasi berikutnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, fungsionaris adat kedaluan Nggorang, Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch. Dula bersama Forkompimda Kab. Manggarai Barat, Pimpinan OPD Kab. Manggarai Barat, Pelaku Pariwisata, Paguyuban se-Kota Labuan Bajo.

Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan

Tim Kesehatan Pemda Mabar yang dipimpin Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat menyelenggarakan bakti sosial pelayanan kesehatan umum Jumat, (2/2/2018) di Pustu Golo Mori Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), pemeriksaan gigi, dan pengobatan gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, dr. Imaculata V. Djelulut, M.Kes, yang dihubungi per telepon genggam, Sabtu (3/2/2018), mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan adalah pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat), pemeriksaan gigi dan pemeriksaan pasien umum.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan 

dr. Vrony, demikian biasa disapa, menjelaskan, pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan leher rahim. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara melihat serviks untuk mengetahui sedini mungkin jenis penyakit tersebut sekaligus menyampaikan kepada ibu-ibu gejala-gejala yang dialami penderita sehingga dapat dilakukan pencegahan.

“Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim,” ujar dr. Vroni. Dengan adanya pemeriksaan tersebut, dapat diketahui sejak dini kasus yang dialami para ibu sehingga selanjutnya dapat dilakukan pengobatan secara kentinyu.

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti kaum hawa. Untuk diketahui setiap dua menit di dunia satu wanita meninggal dunia akibat kanker serviks, sedangkan di Indonesia setiap 2 jam satu wanita meninggal dunia.

Menurut dr. Vrony, dari hasil pemeriksaan kesehatan, kebanyakan warga mengeluhkan myalgia (nyeri otot, pegal-pegal) dan dermatitis (alergi atau peradangan kulit) yang banyak diderita oleh anak-anak.

Umbul-umbul mulai terlihat

Sementara itu, umbul-umbul mulai terlihat di depan sejumlah instansi Pemerintah maupun Swasta. Seperti terlihat di sepanjang jalan Sernaru di depan Kantor Dinas Kominfo dan Bank NTT, jalan Daniel Daeng Nabit di depan kantor Dinas Sosial.

Dominikus Damsut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, mengatakan, pemasangan umbul-umbul di setiap instansi Pemerintah maupun Swasta merupakan bagian dari upaya menyemarakan perayaan HUT Mabar.

Memang belum semua instansi baik Pemerintah maupun Swasta yang memasang umbul-umbul. Karena itu Domi Damsut meminta agar instansi yang belum memasang umbul-umbul untuk secepatnya dipasang umbul-umbul di depan kantornya masing-masing. (AN)


Cetak   E-mail