LABUAN BAJO – Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan sosialisasi layanan informasi geospasial di aula Setda Kabupaten Manggarai Barat, Jumat pagi, (7/9/2018).

Badan Informasi Geospasial sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial.

BIG mempunyai visi yakni menjadi integrator penyelenggaraan informasi geospasial sebagai landasan pembangunan Indonesia. Sedangkan misinya adalah meningkatkan sinergi proaktif dalam penyelenggaraan informasi geospasial nasional, mengintegrasikan informasi geospasial agar dapat memberikan nilai tambah bagi pembangunan nasional, dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas.

Pelayanan Terpadu Informasi Geospasial (PTIG) bertujuan untuk mempermudah pengguna informasi geospasial dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, institusi pendidikan dan swasta mendapatkan layanan produk dan jasa geospasial.

Ada tiga jenis layanan PTIG yang disediakan BIG yakni layanan pembelian produk, konsultasi jasa, dan pendidikan dan latihan (diklat).

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, mengatakan, sosialisasi ini merupakan informasi geospasial dasar  yang di dalamnya memuat peta Rupa Bumi indonesia (RBI).

Maka dari itu, Bupati Gusti Dula meminta Kepala OPD  untuk lebih serius mengikuti kegiatan ini dan memperhatikan dengan cermat materi yang disampaikan, karena badan ini akan menjadi plafon untuk dijadikan peta Tata Ruang Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Sebelum memulai pemaparan materi dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Badan Informasi Geospasial dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang ditandatangani oleh Bupati Gusti Dula dan Pejabat BIG.

Pada kesempatan tersebut BIG menyerahkan peta NKRI kepada Kapolres Manggarai Barat, dan juga saling memberikan cinderamata antara BIG dan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Manggarai Barat, drh. Maria Geong,Ph.D, Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumo Wardono,SIK.M.Si., Sekretaris Badan Informasi Geospasial Pusat, Titik Suparwati. (Arnoldus Nggorong & Valen Abu)