Labuan Bajo – Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan kerjasama ekonomi tiga negara yakni Indonesia, Timor Leste dan Australia. Kegiatan Senior Official Meeting (SOM) of The Trilateral Economic Cooperation akan dilaksanakan di Labuan Bajo pada tanggal 11 sampai dengan 13 April 2018.

Kerjasama ekonomi tersebut akan membahas isu-isu penting ketiga negara di antaranya konektivitas udara, konektivitas darat, konektivitas telekomunikasi, pariwisata dan peternakan.

Konektivitas ketiga negara sangat penting ditingkatkan demi mendorong perekonomian Indonesia di samping manfaat pada sektor keamanan.

Terkait kegiatan pertemuan internasional ketiga negara, telah dilakukan beberapa persiapan antara lain pada tanggal 1 Februari 2018 telah dilakukan intersession Senior Official Meeting (SOM) of the Trilateral Economic Cooperation antara Indonesia, Timor Leste dan Australia.

Hasil pertemuan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan kunjungan ke Labuan bajo untuk mengkoordinasikannya dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur berserta pejabat daerah terkait demi mematangkan posisi Indonesia dalam rangka mempercepat implementasi kerjasama tersebut.

Menurut schedule yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, pejabat tinggi negara yang diundang dalam pertemuan kerjasama ekonomi tiga negara tersebut dari Perwakilan RI yaitu Duta Besar RI di Dili Timor Leste, Duta Besar RI di Canberra, Konsul RI di Darwin, Deputi I Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara (BNPP), Deputi II Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan (BNPP), Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Internasional;

Sementara dari Pemerintah Pusat antara lain Sisten Deputi Kerjasama Ekonomi Amerika dan Pasifik, Deputi Bidang Koordinasi Kerjasama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian; Asisten Deputi Badan Usaha Milik Negara, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian; Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran 1, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran, Kementerian Pariwisata; Direktur Asia Timur dan Pasifik, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Direktur Lintas Batas dan Kerja Sama Luar Negeri, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Sedangkan dari Pemerintah Daerah yang diundang adalah Gubernur Nusa Tenggara Timur, Kepala Biro Kerjasama Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kepala Biro Perekonomian Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Propinsi NTT, Bupati Manggarai Barat.

Pelaku usaha yang diundang yakni Direktur Utama PT. Sriwijaja Air, Direktur Utama PT. Citilink, Direktur Utama PT. Garuda Indonesia, Direktur Utama Perum PT. Damri, Ketua Kadinda Nusa Tenggara Timur.

Kemudian dari Perwakilan Asing yaitu Konsul Kehormatan Timor Leste di Medan.

Menurut rencana, pada hari terakhir peserta akan mengunjungi sejumlah obyek wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat di antaranya pulau Padar, pulau Komodo dan pink beach.

Diperkirakan pertemuan tiga negara tersebut akan dihadiri sekitar 125 orang. (Arnoldus Nggorong)