BUPATI MANGGARAI BARAT MINTA OPD TERKAIT SUKSESKAN SOM TRILATERAL

05-Apr-2018 02:31:17

Labuan Bajo – Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula, meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan demi menyukseskan pertemuan Senior Official Meeting (SOM) of The Trilateral Economic Cooperation Indonesia – Timor Leste - Australia yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo tanggal 11 sampai dengan 13 April 2018.

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Agustinus Ch. Dula, dalam rapat terbatas di ruang rapat Bupati Rabu (4/4/2018).

Jelang pertemuan kerjasama tiga negara yang tinggal beberapa hari lagi, Bupati Agustinus Ch. Dula, dalam rapat terbatas, langsung melakukan pembagian tugas terhadap OPD terkait, setelah menyampaikan beberapa pokok pikiran yang akan dibahas pada kesempatan tersebut.

Adapun deskripsi tugas yang menjadi tanggungjawab OPD terkait di antaranya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat bertugas mempersiapkan acara penjemputan dan atraksi budaya selama kegiatan.

Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk menjemput dan mengantar tamu, melakukan training singkat kepada para driver agar dapat melayani tamu dengan baik.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat bertugas untuk mengkomunikasikan baik dengan pihak Propinsi maupun Pusat terkait jumlah peserta yang selanjutnya disampaikan kepada panitia demi mempersiapkan akomodosinya.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Manggarai Barat melakukan koordinasi dengan pihak hotel dan Dinas Kominfo Kabupaten Mabar terkait penyediaan kamar hotel bagi peserta.

Sementara Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Manggarai Barat mengatur pembuatan dan pendistribusian undangan hingga penempatan tamu di ruang rapat serta mempersiapkan materi presentasi.

Sedangkan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Tanaman Pangan Kabupaten Manggarai Barat, melakukan koordinasi dengan pihak PLN untuk memastikan listrik tidak padam selama kegiatan, dan koordinasi dengan pihak PDAM demi kepastian kelancaran air minum bersih selama kegiatan berlangsung.

Dan terakhir Dinas Ketanahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat, mempersiapkan ketersediaan kapal wisata untuk para tamu.

Terkait persiapan daerah dalam menyukseskan pertemuan tiga negara tersebut, dalam kesempatan tersebut, Bupati Agustinus Ch. Dula, mengharapkan tiap OPD yang sudah ditugaskan untuk dapat melaksanakannya dengan cermat dan penuh tanggungjawab karena kegiatan pertemuan tersebut sudah di depan mata.

Bupati Agustinus Ch. Dula secara khusus meminta Dinkominfo untuk proaktif menghubungi pihak terkait untuk melakukan update data para tamu secara kontinyu dan menginformasikannya kepada OPD terkait.

Diperkirakan pertemuan tiga negara tersebut akan dihadiri sekitar 125 orang. (Arnoldus Nggorong)