Labuan Bajo - Tak hanya pemandangan alam menakjubkan, di Labuan Bajo traveler juga bisa berwisata kuliner. Berburulah sajian penggoyang lidah di 10 tempat yang direkomendasikan berikut.

Ada ungkapan yang lekat diucapkan oleh warga lokal Labuan Bajo ketika traveler menginjakkan kaki ke Kampung Ujung, pusatnya kuliner seafood di Labuan Bajo.
"Di sini ikan baru mati sekali, tidak seperti di Jakarta yang sudah mati berkali-kali"- begitu kata-kata warga lokal yang acapkali terdengar di Kampung Ujung. Apa maksudnya ya kira-kira?

"Kalau ikan-ikan kakap merah, kerapu macan, gorapa merah, dan lainnya di Jakarta itu pasti sudah beberapa hari ditangkap nelayan, lalu diawetkan, dibekukan, dan ditampilkan di display. Kalau di Labuan Bajo, langsung disupplai dari nelayan yang baru saja menangkap ikan dari laut. Insangnya masih segar, warna dan bentuknya masih fresh. Baru sekali mati, belum disimpan lama-lama di freesher atau cold storage," jelas Menpar Arief Yahya dalam keterangan persnya, Selasa (19/7/2016).
Ternyata frase "Ikan Labuan Bajo baru mati sekali" tersebut merujuk kepada tingkat kesegaran ikan yang akan dikonsumsi traveler. Berarti kuliner seafood di Labuan Bajo masih sangat segar karena baru ditangkap oleh nelayan. Mantap!
Traveler, berikut 10 wisata kuliner yang menjadi favorit dan direkomendasikan bagi wisatawan yang akan liburan di Labuan Bajo:

1. Seafood Wisata Kuliner Kampung Ujung

(Elisha Prima Agustin/detikTravel)

Seafood Kuliner Kampung Ujung buka dari jam 17.00 sampai jam 04.00 pagi waktu setempat. Terletak di sepanjang Kampung Ujung mulai dari Tempat Pelelangan Ikan, Dermaga Wisata, hingga Simpang Tiga, wisatawan dapat menikmati aneka masakan seafood segar.
Mulai dari berbagai jenis Kerapu, Cumi, Kakap Merah, Udang, Kepiting, dan masih banyak lagi yang lainnya. Traveler tinggal pilih saja mana yang disuka! Adapun pilihan cara memasaknya pun beragam, mulai dari dibakar, digoreng, dikuah asam, saus tiram, dan masih banyak lagi. Dijamin lezat!

2. Ikan Kuah Asam Philemon

(detikFood)



Philemon terletak di sebelah pelabuhan PELNI Labuan Bajo. Selain berfungsi sebagai dermaga khusus, Philemon juga menawarkan kuliner seafood khas Labuan Bajo. Ikan Kuah Asam khas Labuan Bajo berwarna kuning dan segar menggugah selera.
Ikan segar yang disajikan dalam kuah asam pedas, sangat menggoyang lidah . Kuliner jenis ini bisa didapatkan juga di kuliner Kampung Ujung atau Restoran Budi Luhur.

3. Chicken Cordon Blue Pesona Bali

Sesuai dengan namanya, Restoran Pesona Bali menawarkan berbagai jenis kuliner olahan seafood dan western food. Salah satu menu yang menarik adalah Chicken Cordon Blue, dimana bagian dada ayam berisi keju dibalut tepung panir dan disajikan dengan berbagai sayuran.

4. Sunset & Live Music Paradise Bar

Paradise Bar merupakan salah satu spot melihat sunset terbaik di Labuan Bajo. Terletak di pinggir tebing, wisatawan bisa melihat terbenamnya matahari dengan view kapal-kapal wisata yang berlabuh sambil menikmati minuman dingin, jus, maupun kopi hitam Flores.
Setiap sabtu malam, di sini juga akan menampilkan Live Music dengan penampil band-band lokal yang berbakat. Traveler akan dihibur dengan sajian musik yang menarik sambil berwisata kuliner.

5. Coto Makassar Gorontalo

(Putri/detikTravel)



Sebagai kota perantauan, banyak suku Bugis Makassar yang juga tinggal di Labuan Bajo. Coto Makassar Gorontalo menjawab kerinduan terhadap coto khas Makassar yang menyajikan coto daging dan jeroan bersama buras (lontong khas Makassar).

6. Cafe in Hit dan Artomoro

Sebagai salah satu grup perintis di Labuan Bajo, Artomoro merupakan yang pertama mengenalkan menu 'Nasi Lalapan' ke Labuan Bajo. Menu nasi, ayam, dan lalapan merupakan favorit para wisatawan maupun penduduk lokal, tentunya ditambah sambal pedas khas buatan mereka.
Café in Hit merupakan tempat untuk berkumpul sambil minum kopi olahan. Dengan barista lokal dan biji kopi asli Flores, Café In Hit menawarkan nuansa coffee-shop seperti daerah asal wisatawan mancanegara dengan gaya Labuan Bajo.
Pilihannya mulai dari menu kopi olahan (frappe, latte, cappucino) dan non kopi olahan seperti jus, smoothies, tea hingga cemilan homemade banana cake, brownies, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dijamin sedap!

7. Gorengan Simpang Pede

Buat kamu yang kangen dengan gorengan, Simpang Pede merupakan pusat jualan gorengan di Labuan Bajo. Mulai dari Bakwan Goreng, Tahu Isi, Pisang Goreng, Kacang Hijau dan lainnya bisa kita dapatkan dan nikmati selagi hangat. Gorengan ini buka mulai sore hingga habis di malam hari.

8. Seafood TreeTop

Restoran TreeTop terkenal dengan hidangan seafood olahan ala chinese, mulai dari steam, asam manis, hotplate, dan pot. Menu favorit adalah kerapu steam, ayam goreng bawang, seafood Tom Yam, dan mie goreng seafood.
Menu ikan goreng dan ikan bakar di sini disajikan dengan 3 jenis saus kecap dan sambal. Terletak di jalan Soekarno Hatta, Treetop memiliki pemandangan view langsung ke laut dan deretan kapal wisata. Selain itu wisatawan bisa juga bermain billiar bersama warga lokal di lantai dasar.

9. Sop Buntut Blue Corner

(detikFood)



Kalau cari sop buntut, semua orang pasti sarankan ke Blue Corner. Tempatnya tidak begitu besar, kios di seberang Kantor Pos Labuan Bajo. Sop Buntut dengan kuah yang sedap ini sangat digemari wisatawan maupun penduduk lokal sehingga sering kehabisan jika tidak cukup cepat.
Selain itu, Blue Corner juga menawarkan masakan nasi goreng, mie goreng, lalapan, dan banyak lagi lainnya. Rasanya juga tak kalah sedap lho traveler!

10. Italian Food Mediteraneo

Untuk fine dining, Mediteraneo juaranya. Tidak hanya menu masakan Itali, Mediteraneo juga menawarkan berbagai menu western dan seafood olahan chef yang disusun mulai dari appetizer, main dish, dan desert.
Chef di sini sangat mengerti bahwa tampilan juga berpengaruh terhadap selera makan tamu. Itu bisa terlihat dari betapa seriusnya mereka menata hidangan di atas piring yang sangat lebar.
Sirloin Steak dan Baracuda Loin di restoran ini sangat lezat! Coba juga aneka pasta dan pizza homemade, serta ditutup dengan desert yang manis seperti creme Brule atau es krim. (wsw/wsw)

Sumber: Detik Travel