Kominfo Mabar; Jumat, 16 Februari 2018;

Labuan Bajo – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini di kecamatan-kecamatan dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Menurut jadwal yang diterima Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat pelaksanaan kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan tersebut dilaksanakan pada 12 kecamatan dengan penjadwalan sebagai berikut:

Untuk Kecamatan Lembor Selatan dan Kecamatan Mbeliling akan dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 20 sampai dengan 21 Februari 2018. Di Kecamatan  Welak dan Kecamatan Macang Pacar dilaksanakan secara bersamaan pula pada tanggal 21 sampai dengan 22 Februari 2018.

Sementara di Kecamatan Ndoso, Kuwus Barat dan Sano Nggoang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 sampai dengan 23 Februari 2018. Pelaksanaan kegiatan Musrenbang di Kecamatan Komodo dan Boleng dilaksanakan pada tanggal 27 sampai dengan 28 Februari 2018.

Sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya masing-masing Kecamatan Lembor, Kuwus dan Pacar dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 2 Maret 2018.

Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan.

Musrenbang ini dilaksanakan dengan tujuan untuk pertama, membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Kedua, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Dan ketiga, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

Berkaitan pelaksanaan kegiatan Musrenbang tersebut diminta setiap OPD mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan dimaksud.(AN)

Kominfo Mabar; Kamis, 15 Februari 2018;

Labuan Bajo – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Manggarai Barat menghadang 37 ekor kerbau yang hendak dimuat di atas kapal feri di Pelabuhan ASDP Labuan Bajo, Selasa, (13/2/2018).

Ke-37 ekor kerbau tersebut adalah milik Sofyan Ma’ro alias Daeng Ma’ro dari CV. Ati Intan Permata. Sejumlah ternak kerbau tersebut akan diangkut dengan kendaraan Fuso dan selanjutnya dimuat di atas kapal Feri dengan tujuan Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs.Yohanes Karjon, mengatakan, penghadangan terhadap hewan ternak kerbau yang hendak diantarpulaukan itu dilakukan karena dokumennya belum lengkap.

“Setelah dilakukan pemeriksaan administrasi, ternyata dokumen-dokumen yang dibutuhkan belum lengkap. Karena itu kami melakukan penertiban,” ujar Yohanes Karjon.

Labuan Bajo - Di ulang tahunnya yang ke-15, Kabupaten Manggarai Barat mencatat sejarah baru di bidang pendidikan. Putra dan Putri Manggarai Barat tidak susah lagi pergi jauh-jauh untuk mengejar pendidikan. Orangtua pun tak perlu cemas memikirkan anaknya yang pergi jauh hanya untuk mengenyam pendidikan tinggi di luar daerah.

Kini kampus ELBAJO COMMODUS dibangun. Peletakan batu pertama pembangunan gedung Perguruan Tinggi Kampus Politeknik ELBAJO COMMODUS dilaksanakan di Kampung Lancang, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Sabtu (10/2/2018).

Peletakan Batu pertama pembangunan gedung kampus elBajo Commodus dimulai dengan acara adat, dan acara ini di pandu oleh tua golo Lancang Teo Urus bersama tokoh masyarakat Lancang.

Acara adat ini dilakukan dalam rangka agar pelaksanaan pengerjaan kampus ini bisa berjalan dengan lancar,  tidak mendapatkan hambatan.

Kominfo Mabar; Jumat, 9 Februari 2018;

Labuan Bajo – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai Barat menyelenggarakan kegiatan rapat Pleno terbuka rekapitulasi dan penyampaian hasil verifikasi faktual bagi sejumlah Partai Politik calon peserta Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Manggarai Barat di Hotel Green Prundi kompleks Bandara Udara Komodo Labuan Bajo, Kamis, (8/2/2018).

Ketua KPUD Manggarai Barat, Hironimus Suhardi,S.S mengatakan, ada 15 partai politik yang lolos dalam verifikasi di Kabupaten Manggarai Barat.

“Di antara 15 parpol yang lolos tersebut ada 3 parpol baru yakni Partai Garuda, Partai Perindo, Partai Serikat Indonesia, sedangkan Partai Repulik tidak lolos verifikasi,” ujar Hironimus Suhardi, S.S